Acara berprestij Oscar 2021 resmi diundur dari rencana asalnya yang mau digelar pada 28 Februari 2021 lantaran Corona.

Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) resmi memutuskan Oscar 2021 diundur dari 28 Februari menjadi 25 April untuk memberikan waktu bagi para sineas yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Lewat pernyataan yang dirilis, Presiden Academy, David Rubin, dan CEO Academy, Dawn Hudson, juga mengumumkan kelonggaran syarat film yang layak ikut serta dalam Oscar.

Sebagaimana dilansir Variety, sebelumnya Academy sebagai pihak penyelenggara menetapkan bahwa satu film harus sudah dirilis paling lambat 31 Desember 2020 jika ingin berlaga di Oscar.

Namun kini, satu film panjang masih bisa ikut serta di ajang Oscar jika dirilis dalam rentang waktu 1 Januari 2020-29 Februari 2021.

Meski demikian, semua film kategori umum harus sudah didaftarkan selambat-lambatnya pada 15 Januari 2021.

Sementara itu untuk sejumlah kategori khusus, seperti film animasi, dokumenter, dan film internasional, tenggat waktu hanya sampai 1 Desember 2020.

"Harapan kami dengan mengundur periode kelayakan dan tanggal penganugerahan ini adalah memberikan fleksibilitas kepada sineas untuk menyelesaikan dan merilis film mereka tanpa dipenalti karena sesuatu yang di luar kendali semua orang," demikian pernyataan pihak Academy yang dikutip AFP dilansir dari CNNIndonesia.