Apakah yang dapat menyatukan kita? Salah salahnya dengan musik. Dangdut is the music of my country.

Sepenggal lirik dari lagu berjudul “Dangdut is the Music of My Country” yang dipopulerkan oleh Project Pop pada tahun 2003. Lagu ini bergenre pop, tapi menceritakan perbedaan orang-orang Indonesia yang bisa disatukan dengan musik dangdut.

Musik dangdut sudah menyatukan jutaan rakyat Indonesia sejak lama dan dengan cara yang sangat sederhana. Panggung dangdut di kampung-kampung selalu penuh sesak. Banyak orang yang rela berjalan dari kampung sebelah hanya untuk bisa berjoget dengan santai dalam alunan musik dangdut. Momen itu bisa melupakan sejenak kepenatan hidup. Ingat, sejenak.

Namun, sampai kapan musik dangdut akan tetap bertahan di Indonesia?

Dangdut Selalu jadi Indikator Sebuah Tren

Bukan cuma sekali, tren-tren di Indonesia sering jadi lagu dangdut dan tiba-tiba dicari oleh banyak orang. Penggalan kata-kata tren di media sosial kadang tidak lepas dari penulis lagu dangdut di seluruh Indonesia. Hal ini pun jadi indikator sebuah tren di Indonesia.

Lagu-lagu seperti Di Situ Kadang Saya Merasa Sedih, Mantan Maafin Aku yang Dulu, Sakitnya Tuh di Sini, dan Aku Mah Apa Atuh jadi beberapa deretan kata-kata tren di media sosial yang mendadak menjadi sebuah lagu dangdut. Lagu-lagu tersebut pun jadi semakin mudah diingat dan akhirnya menjadi tren baru.

Lagu Dangdut Buat Penyanyi Kecil Jadi Kaya Raya

Menjadi penyanyi dangdut pun menjadi profesi yang sangat menggiurkan. Seolah-olah, jenjang karier penyanyi dangdut terlihat jelas asal pemilihan lagu dan gayanya tepat. Via Vallen jadi salah satu penyanyi yang sekarang sangat naik daun. Berawal dari penyanyi panggung di kampung-kampung, Via Vallen berubah menjadi penyanyi dangdut yang membuka pergelaran multievent Asia Tenggara pada tahun 2018 lalu.

Bukan hanya itu, nama-nama seperti Nella Kharisma, Cita Citata, Siti Badriah, Zaskia Gotik, dan Ayu Ting Ting juga jadi deretan penyanyi dangdut yang hartanya sudah menggunung. Nama-nama di atas bahkan sudah melangkahi ketenaran para penyanyi dangdut lawas, seperti Rita Sugiarto, Elvy Sukaesih, dan Evie Tamala yang lebih dulu mewarnai musik dangdut Indonesia.

Penyanyi Dangdut Juga Ada yang Gagal

Tak selalu berhasil, ada banyak juga penyanyi dangdut yang hanya sebatas muncul satu atau dua kali. Sebut saja Duo Srigala, Cupi Cupita (Gobas), Mela Barbie, dan Lina Geboy yang hanya sekadar muncul dan tenggelam. Tidak ada hal fenomenal atau sesuatu yang bisa diingat dari para penyanyi tersebut.

Namun, keberadaan mereka tetap masuk hitungan lantaran membuat musik dangdut menjadi lebih berwarna. Dengan begitu, masyarakat juga menilai para penyanyi yang sukses dan gagal, yang bagus dan kurang.

Daftar Lagu Dangdut Terbaik

Tak lengkap jika hanya membicarakan tren tanpa memberikan deretan lagu dangdut terpopuler. Berikut 10 lagu dangdut terbaik sepanjang masa yang selalu asyik didengarkan kapan pun.

1. Sekuntum Mawar Merah

2. Begadang

3. Bujangan

4. Mandi Kembang

5. Bojo Galak

6. Sambalado

7. Sayang

8. Sakitnya Tuh Di Sini

9. Benang Biru

10. Jarang Goyang

Tidak ada yang salah, kok, jika kamu suka dengan lagu-lagu di atas dan selalu masuk ke dalam playlist. Selamat menikmati lagu-lagu dangdut dan bergoyang karena lagu dangdut akan selalu menyatukan masyarakat Indonesia.

Kredit Foto: Pinterest

Oleh: Ade K Irawan