Maia Estianty dikenal sebagai seniman dengan hasil karya yang cukup konsisten. Mantan istri Ahmad Dhani ini juga sukses ketika mencoba peruntungan kariernya sebagai pebisnis.

Mengaku telah meninggalkan dunia musik bukan karena bernikah dengan Irwan Mussry, kini Maia bahagia setelah sepak terajang di dunianya sejak lebih 10 tahun lalu.

Awal Mula Kiprah di Dunia Tarik Suara

Di tahun 1990-an, Maia Estianty memulai kiprahnya di dunia tarik suara sebagai salah satu backing vocal band Dewa 19. Pada tahun 2003, Maia membentuk grup musik Ratu bersama Pinkan Mambo. Formasi duo ini kemudian digantikan oleh Mulan Jameela yang saat itu lebih populer dengan nama Mulan Kwok.

Meski sempat menjalani karier bersama, Mulan ternyata malah menjadi pemicu keretakan rumah tangga Maia dan Ahmad Dhani. Siapa sangka, kesuksesan Maia membawa nama besar Mulan Jameela melalui grup duo Ratu malah berakhir dengan kasus perselingkuhan Mulan dengan suaminya sendiri.

Perceraian dengan Ahmad Dhani

Maia Estianty akhirnya menggugat cerai Ahmad Dhani pada November 2007 di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Sebelum melakukan gugatan cerai ini, kabarnya Ahmad Dhani sudah melakukan talak tiga pada Maia melalui sebuah pesan singkat (SMS). Setelah melalui berbagai proses yang jadi sorotan media, Ahmad Dhani dan Maia resmi bercerai pada 23 September 2008.

Hal yang kemudian jadi perdebatan dengan adanya perceraian ini tentunya soal hak asuh anak. Hak asuh atas ketiga anak pasangan Maia-Dhani yaitu Ahmad Al Ghazali (Al), Ahmad El Jallaludin Rumi (El), dan Abdul Qodir Jaelani (Dul) jatuh ke tangan Ahmad Dhani. Maia memilih untuk berserah diri dan menerima hal tersebut hingga saat ini.

Kembali Memulai Karier Bermusik



Setelah perseteruan dengan Ahmad Dhani, Maia Estianty mengakui bahwa dirinya sempat merasa terpuruk, tepatnya enam bulan pertama setelah perceraian. Maia memutuskan untuk pergi umrah untuk lebih berserah diri atas ujian yang tengah dihadapinya. Maia kemudian membuktikan bahwa dirinya kembali fokus pada perjalanan karier sebagai seniman.

Sebagai salah satu sahabat, Ari Lasso bahkan pernah berujar bahwa perjuangan Maia tidak terjadi pada saat memulai karier, tetapi justru pada akhir pernikahannya.

Wanita kelahiran 27 Januari 1976 ini bangkit dengan grup musik Duo Maia. Berduet dengan Mey Chan, Duo Maia bahkan berhasil meniti kesuksesan dengan menjadi brand ambassador beberapa produk ternama.

Karier Bermusik, Jadi Produser, dan Pebisnis

Kembalinya Maia Estianty ke dunia hiburan justru membuatnya tidak ragu untuk mengasah kemampuan sekaligus peruntungannya. Selain Duo Maia, Maia juga sukses menjadi produser musik untuk beberapa musisi seperti Tata Janeeta, Prilly Latuconsina, Pasto, dan Rina Nose. Belakangan, Maia juga menjadi juri di sebuah ajang pencarian bakat bersama beberapa musisi seperti Ari Lasso, Armand Maulana, dan Judika.

Namun ungkapnya baru baru ini, musik bukan lagi menjadi prioritas buatnya lagi.

Tidak cepat puas dengan pencapaiannya, Maia mulai serius mengembangkan bisnis dan mendirikan label Le Moseik Revole. Selain bisnis di dunia permusikan, Maia juga menggeluti bisnis kecantikan dengan mendirikan klikik CnC Health & Beauty Center sebagai distributor resmi EMK Beverly Hills.

Pernikahan Kedua dengan Irwan Mussry



Setelah bercerai dengan Ahmad Dhani, Maia Estianty cenderung lebih tertutup soal hubungan asmaranya. Namun, Maia akhirnya memutuskan untuk menikah kembali dengan seorang pengusaha sukses bernama Irwan Mussry. Pernikahan mereka dilakukan di Masjid Tokyo Camii & Turkish Culture Center pada 29 Oktober 2018.

Pernikahan Maia juga dihadiri oleh ketiga anaknya, Al, El, dan Dul. Unggahan Maia di media sosial menunjukkan bahwa ketiga anaknya turut bahagia dengan keputusan bundanya untuk memulai hidup baru. Menurut Maia, sosok Irwan dikenal sebagai pribadi humoris dan menyenangkan yang membuatnya jatuh cinta.

Lewat unggahan terbarunya pada Sabtu (7/9/2019), Maia mengaku dirinya telah berdoa selama 10 tahun untuk dipertemukan dengan jodoh yang baik. Dan Allah membalas doanya dengan mengantarkan Irwan sebagai sosok pria yang mendampingi kehidupan dan memberi kebahagian buatnya kini.

"Tenang aja, buat yang belum punya jodoh, doa aja ama Allah, minta sedetil2nya kriteria jodohmu ke Allah, tapi jangan lupa berbuat baik, karena kalau minta aja tanpa diimbangi perbuatan baik (amal ibadah), doamu susah buat terkabul.

"So, buat jombloers, sabar berdoa minta jodoh, serahkan ama Allah, dan jangan lupa berbuat baik, InsyaAllah jodohmu akan datang yang ter the best !!!! ?? Aku aja doanya 10 taun loh baru terkabul hhahaha....Ini Jodohku.. @irwanmussry.

Hubungan Hangat dengan Ketiga Anak

Meskipun ketiga anaknya sudah merasa nyaman dan menyetujui pernikahan Maia dengan Irwan Mussry, Maia mengakui bahwa keputusan tersebut bukan hal yang mudah. Namun, dukungan dari Al, El, dan Dul memang terlihat sejak kehadiran mereka di pernikahan Maia dan Irwan Mussry.

Alyssa Daguise (kekasih Al) dan Marsha Aruan (kekasih El) juga ikut menghadiri pernikahan Maia dan Irwan Mussry di Tokyo.

Setelah menikah, Dul sempat mengakui bahwa dirinya masih kikuk untuk mengubah panggilannya pada Irwan Mussry. Akrab dengan panggilan Om Irwan, terkadang Dul malah memanggilnya dengan sebutan Om Daddy. Penyesuaian tersebut tentunya jadi hal yang wajar dan Dul juga tidak merasa keberatan dengan proses tersebut.

Saat Maia sempat dikabarkan berbadan dua pada akhir 2018 lalu, Al bahkan sempat memberikan komentar pada media bahwa bundanya belum mau menambah momongan.

Maia juga menanggapi komentar di media sosialnya bahwa perubahan postur tubuhnya karena sering disediakan makanan oleh sang suami. Hal tersebut membuatnya bahagia dan tetap senang meski tubuhnya lebih berisi.

Jatuh bangunnya karier Maia Estianty tentu bukan hanya menjadi tantangan bagi Maia secara pribadi, terlebih dengan melekatnya nama besar mantan suami. Meski demikian, kesuksesan Maia Estianty juga menginspirasi banyak orang untuk terus berkarya dan tetap berbahagia dengan keluarga.

Instagram: @maiaestiantyreal

Oleh: Ade K Irawan