Gitar akustik-elektrik retro tipe Martin D-18E yang diproduksi pada 1959 milik vokalis band rock Nirvana, Kurt Cobain, menjadi memorabilia termahal di dunia yang dibeli saat dilelang Music Icons akhir pekan lalu.

Gitar yang dimainkan oleh mendiang Cobain saat muncul bersama Nirvana di MTV Unplugged pada 18 November 1993 itu dibeli oleh Peter Freedman, pemilik pabrikan mik RODE Microphones.

Freedman membeli gitar yang dimainkan lima bulan sebelum dirinya ditemui mati karena overdosis itu dengan harga yang cukup fantastis.

Instrumen yang dibuka dengan nilai lelang di angka USD 1 juta (Rp 14,25 miliar) itu dibeli dengan nilai sebesar USD 6 juta (Rp 85,47 miliar).



Sebelumnya pada Oktober 2019, cardigan yang dikenakan Kurt Cobain dalam MTV Unplugged yang disifatkan sebagai yang terbaik dalam sejarah persembahan pentas mereka berhasil terjual dengan harga US$334 ribu.

Malah ada penggemar yang membeli sepiring kertas yang digunakan sebagai alas piza untuk Cobain dan dijadikan catatan oleh Nirvana dengan menuliskan set list lagu untuk tampil di Washington, dengan harga US$22,4 ribu.

Cobain ditemui meninggal dunia saat Nirvana berada di puncak hanya pada usia 27 tahun dan kekal menjadi lagendaris terbaik di dunia musik Hollywood.

Kredit Foto: Dokumen Nirvana, Getty Images

Oleh: Maliah Surip