Surabaya dipilih sebagai lokasi gala premiere dua film keluaran rumah produksi Falcon Pictures, Bumi Manusia dan Perburuan.

Mengikut rencana, acara tersebut akan digelar di Mall Surabaya Town Square, Jawa Timur, pada 9 Agustus 2019.

Richard Oh mengungkapkan kalau penggelaran acara gala premiere dua film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya penulis mendiang Pramoedya Ananta Toer di Surabaya sebagai bentuk perayaan sastra dalam film.

"Ini akan menjadi event perayaan sastra dalam film. Sebuah event yang mengundang orang-orang untuk lebih mengenal sastra," katanya dalam jumpa pers di RBoJ Coffee, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis malam (1/8/2019) seperti yang dilansir dari Kompas.com.

Selaku sutradara, Hanung Bramantyo seirima dengan Richard yang mengatakan gala premier di Surabaya kelak adalah sebuah momentum yang baik untik merayakan sastra dalam film, sesuai dengan sebuah perkataan Pramoedya yang dibacanya saat membaca novel tetralogi Bumi Manusia dan melihat video dokumenter tentang Pramoedya.

Perkataan itu terkait Pram yang di penjara selama 30 tahun meski Indonesia sudah merdeka di usia 50 tahun.

"Jadi, 30 tahun dia tidak merasakan kemerdekaan. Kami akan merayakan kemerdekaan Pak Pram selama 30 tahun ini. Agustus ini buat saya ini adalah momentum yang berani dari kami (untuk merayakan), bukan pemerintah," kata Hanung.

Film Bumi Manusia dan Perburuan akan tayang serentak di bioskop Tanah Air pada 15 Agustus 2019.

Instagram: @falconpictures