Jika dunia maya kadang memberi beragam dampak negatif terhadap penggunanya, ironi cukup banyak cerita di media sosial yang sempat menginspirasi orang lain saat ia dikongsikan.

Ia malah tidak datang dari selebriti, sebaliknya juga banyak orang biasa yang berkongsi kisah dan pengalaman mereka di media sosial secara tidak langsung telah menumbuhkan inspiratif di jiwa orang lain.

Berikut antara kisah inspiratif yang sempat viral di media sosial yang sengaja dikutip Gempak.ID untuk memberi motivasi bagi kalian yang barangkali sedang dalam kondisi memerlukan sesuatu untuk menyuburkan jiwa.

1. Mr. Mwhohaseyo bantu driver ojol



Lewat akun Twitter @hyunqae, Mr. Mwhohaseyo membeberkan kisah harunya. Pria itu secara ngga sengaja telah bertemu semula seorang driver ojol yang pernah dibantunya setahun lalu.

Dalam pertemuan kali kedua itu, sang driver menyapanya dan bertanya adakah dia masih mengenali laki laki tua itu?

Mr. Mwhohaseyo pun kemudian mengungkapkan setahun silam dia pernah memberikan buku buku Sbmptn atau buku latihan soal miliknya setelah sang bapak begitu antusias untuk menyekolahkan anaknya ke kuliah di jurusan hukum.

Tanpa disangka, pertolongan kecilnya itu telah membuahkan hasil.

“Alhamdulillah mas anak saya bisa diterima di UNS, Jurusan Hukum. Terima kasih banyak mas waktu itu udah kasi buku latian soal,” tulisnya.

Dia juga meninggalkan pesan agar jangan memandang remeh jika kita mampu membuat perubahan yang sangat besar buat orang lain, sentiasa bersyukur dengan kebercukupan, bersyukur punya guru guru yang baik dan menghargai orang tua kita yang udah susah payah mencari uang untuk kesuksesan kita.

Dia yang meletakkan cuitan kisahnya pada 12/2/2019 telah menerima lebih 16 ribu ulang cuit dan lebih 15 ribu tanda likes.

2. Kembar Lena dan Leni yang Dulu Pemulung



Lena dan Leni adalah sepasang kembar yang mewakili Indonesia dalam cabang olahraga sepak takraw. Selain kembar, kedua wanita tersebut memiliki cerita inspiratif mengenai masa lalu mereka.

Dikutip dari Wolipop.detik.com, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menulis di akun Instagramnya, peraih medali perunggu Asian Games 2014 itu sempat menjadi pemulung dan tukang cuci ketika kecil.

Hal itu harus terjadi karena mereka datang dari latar belakang keluarga kurang mampu. Justeru, untuk menampung biaya sekolah, mereka menjadi pemulung dan tukang cuci.

Tekun dan fokus terhadap olahraga, mereka pun berjaya mendapat beasiswa sepak takraw, dan prestasi yang baik akhirnya membuatkan Lena dan Leni kini sukses dalam lapangan yang diterokai.

Sebagai membalas jasa kedua orang tuanya, mereka telah memberangkatkan orangtua naik haji dengan penghasilan sebagai atlet.

3. Dokter Amalia Jalan Kaki 16km, Bergilir Tandu Pasien



Pada bulan Juli 2018 silam, perkongsian pengalaman seorang dokter muda wanita yang harus bertugas di pedalaman salah satu daerah di Indonesia, Papua, sempat menjadi viral di media sosial.

Kisah itu adalah milik dokter Amelia Usmaianti yang dianggap netizen sangat menginspirasikan.

Akrab disapa sebagai dokter Amalia, dia membeberkan pengalamannya bersama tim kesehatan yang tergabung dalam Nusantara Sehat memberikan pelayanan di pelosok negeri atau ujung timur Indonesia itu.

Melalui status Facebooknya, dokter Amalia membagi kisah saat dirinya berjalan sejauh 16 km untuk sampai ke desa tempat ia akan melakukan pelayanan kesehatan.

Dia juga bersama tim bergantian mengangkat pasien menggunakan tandu.

Dokter Amalia antaranya dipetik menulis: “Bnyak masyarakat sakit yg dibopong keluarganya sendiri, namun mereka tidak punya alat untuk merekam kepedihan yg mereka rasakan selama puluhan tahun, sebwlum ada tim Nusantara Sehat @nusantarasehat, yg menetap di desa tersebut, mereka memilih berobat ke papua newgini, dengan jalan kaki..

“Akses jalan tdak pernah ada kejelasan, masyarakat jalan berhari2 mengantar anak sekolah, masyarakat menggendong anaknya usia 17 an tahun, kakek2 dll dibawa berobat, tidak ada yg tau,, kami hanya perantara.”

Biar banjir pujian dan disifatkan cukup memberi inspiratif, namun Dokter Amalia membantah kalo dia berbagi kisah itu untuk meraih perhatian, sebaliknya hanya mau berbagi pengalaman kepada pengguna media sosial.

4. Pernikahan Karna Radheya dan Polly Alexandria Robinson



Ini pula kisah inspiratif yang menjelaskan bahawa cinta adalah sebuah hal yang misterius dan ia bisa mendarat pada sesiapa sahaja di dunia ini walau berbeda bangsa.

Ia adalah kisah pernikahan di antara Karna Radheya dan Polly Alexandria Robinson yang berkahwin pada Disember 2018 silam.

Pernikahan mereka telah menyita perhatian dan menjadi viral setelah sebuah video ijab kabul pernikahan dan foto mereka beredar di media sosial.

Kisah Karna dan Polly menjadi viral tentulah karena rupa paras ‘biasa’ seorang pria asli dari Magelang itu mampu membuat gadis bule jatuh cinta dan bersetuju untuk sehidup semati dengannya.

Saking viralnya kisah mereka, banyak yang jomblo memasang mimpi agar mampu memperoleh jodoh sepertinya.

Malah, sekitar tujuh jam lalu, Polly menerusi foto unggahannya yang cantik memakai busana tradisi masyarakat Bali menuliskan perasaan kasihnya buat sang suami yang memiliki sebuah restoran di pulau Dewata itu sempena sambutan Hari Kekasih.

Dia antaranya dipetik menulis: “Saya memilih kamu karena kamu sentiasa berada di belakang ku dalam semua keadaan rapuh dan sebaliknya. Saya bersyukur karena kamu tidak pernah berubah.”

Sumber: Wolipop.detik.com, bogor.tribunnews.com
Kredit foto: Wolipop.com, bogor.tribunnews.com
Instagram: Polly Alexandria Robinson

Oleh: Maliah Surip