Memerankan dua karakter dalam satu tokoh, jelas bukan perkara mudah. Namun bagi Iqbaal Ramadhan, fakta ini malah dilakoninya dengan amat baik di film Bumi Manusia.

Sosok Minke, siswa HBS yang paham dalam berbahasa Belanda. Sementara menjadi Raden Mas Tirto Adhie, Iqbaal dituntut fasih dalam berbahasa Jawa, ketika sudah mengenakan jarik lurik, topi dan jasnya.

“Iya, bahasa salah satu bagian yang paling sulit di film ini (Bumi Manusia),” kata mantan personil Coboy Junior ini, saat ditemui di Kuningan, Jakarta, Senin (12/8).

Untungnya, aktor yang juga pemain bas band SVMMERDOSE ini selalu tertarik sama ilmu bahasa. Alhasil, bikin Iqbal selalu antusias.

“Untungnya, gue selalu cepet kalo belajar bahasa. Tapi memang bahasa belanda tuh susah sekali. Jadi selama 3 bulan itu, setiap hari gue latihan terus sih. Baca sebelum tidur, setelah bangun tidur. Setelah baca Alfatihah, baca lagi,” tutupnya.

Film Bumi Manusia diangkat dari buku melegenda karya Pramoedya Ananta Toer. Disutradarai oleh sutradara Hanung Bramantyo, film berdurasi 180 menit ini akan tayang di bioskop secara massal pada 15 Agustus 2019.

Instagram: @iqbaal.e

Oleh: Ryks