Setelah Zara menjadi anggota pertama yang mengumumkan dirinya lulus langsung pamit dari JKT48 beberapa hari lalu, ternyata dirinya tidak keseorangan.

Rupa rupanya, penggemar harus menelan hakikat pahit apabila enam lagi memberi di grup tersebut mengucapkan lulus dan salam pamit dari JKT48 yang telah membesarkan mereka sejak grup itu ditubuhkan di tahun 2011 silam.

Pengumuman mengejutkan itu dibuat pada Minggu (18/8/2019) saat JKT48 muncul di panggung Teater JKT48 di fX Sudirman, Jakarta. Dan semuanya bisa ditonton lewat kanal YouTube JKT48.

Ia diumumkan sendiri oleh General Manager JKT48, Melody Nurramdhani Laksani.

"Sekarang sudah ada seluruh member JKT48 di atas panggung, tapi sebenarnya ada beberapa member yang memutuskan untuk tidak ikut serta di dalam Sousenkyo," katanya sekali gus disambut dengan suara penggemar yang terkejut.

Kemudian, nama Hasyakyla Utami alias Kyla, Michelle Christo, Stephanie Pricilla alias Stefi, Syahfira Angela atau Angel, dan Thalia Ivanka atau Vanka juga disebut.

Ikut meramaikan lulus adalah Jennifer Rachel yang mengungkapkan dirinya sudah cukup lama memikirkan waktu yang sesuai untuk pamit.

"Jadi sebenarnya aku udah mikirin ini tuh dari setahun lalu. Aku di JKT48 udah lama ya, tujuh tahun di sini. Untuk bisa berdiri sampai saat ini tuh banyak pengorbanan, keringet, air mata juga yang keluar. Hari ini adalah waktu aku untuk memutuskan pergi dari JKT48," katanya.

Michelle yang menginyak usia 20 tahun juga dilihat sempat menangis karena harus pamit dari JKT48.

"Aku tahu pilihan ini berat cuma aku sudah pikirin ini secara matang dan aku sudah ngobrol ama beberapa staf kenapa aku begini. Kenapa aku harus memilih untuk keluar dari zona nyaman aku," kata Michelle sambil meminta maaf kepada seluruh penggemar jika dirinya pernah melakukan hal tidak enak selama bersama JKT48.

Instagram: @jkt48michelle, @jkt48.kyla

Oleh: Maliah Surip