Wonho mantan anggota Monsta X akhirnya dinyatakan tak bersalah atas tudingan penggunaan narkoba yang dikenakan kepadanya pada tahun lalu.

Mengikut fakta kasus, Wonho dilaporkan atas dugaan mengisap ganja bersama seleb internet alias ulzzang Jung Da-eun yang dilakukan pada 2013.

Namun kini segalanya telah berakhir, Wonho dinyatakan tak bersalah. Pihak kepolisian yang memeriksanya untuk lima bulan tak menemukan bukti Wonho menggunakan ganja. Polisi juga tak menemukan bukti Wonho mengonsumsi obat-obatan lainnya.

Merayakan 'pembebasannya', Wonho pun bercerita tentang masa kelamnya kepada publik.

Seperti yang dilansir dari Soompi yang memetik wawancara eksklusifnya bersama Dispatch pada Februari 2020, Wonho mengaku ia memang pernah menjadi anak yang nakal lantaran kehidupan keluarganya yang kesempitan uang dan pergaulannya dahulu.

Pun begitu, ia benar benar membantah jika dirinya terlibat dengan narkotika atau mengambil marijuana.

"Aku tidak pernah mengambil marijuana. Apabila aku telah dibuktikan bersalah, tolong ungkapkan kisahku ini. Aku mau meminta maaf dan menjernihkan kesalahpahaman yang telah berlaku," ucap Wonho dalam wawancara tersebut.

Ia pun membeberkan telah menjadi mangsa bully dan sering disisihkan sejak kecil, membuat dirinya akhirnya berkenalan dengan seorang laki-laki dewasa di kawasan rumahnya.

"Sejak itu segalanya berubah, aku tidak pernah dirundung teman sekolah lagi. Aku merasa nyaman dan bangga dengan hal tersebut.

"Kemudian aku lari dari rumah setelah keluargaku, terutama ibu dan bapa masih kerap bertengkar karena uang. Aku berkenalan dan bergaul dengan orang-orang asing dan akhirnya melakukan hal yang melanggar hukum," bebernya lagi.

"Tapi aku tak mau menyalahkan mereka, itu juga pilihan aku. Mungkin ini terdengar seperti alasan. Tapi saya benar-benar tak dewasa. Itu kesalahan aku, aku minta maaf," ujar Wonho.

Namun kehidupannya mula berubah menjadi lebih baik saat bertemu Jung Da-eun kala duduk di bangku 2 SMA. Mereka berdua langsung akrab dan sama-sama menjadi model.



Ia bahkan menyatakan kehidupannya berubah 180 derajat karena Jung Da-eun mendukung mimpinya menjadi penyanyi.

Ia bertekad menjadi orang yang lebih baik setelah melihat orang berlatih keras untuk mengejar mimpi. Sehingga, ia tak ingin menghabiskan waktu sia-sia lagi.

"Aku bernyanyi dan menari dengan trainee lainnya. Saat itu aku merasa memiliki masa depan. Aku bahagia. Aku senang tinggal berkelompok dan banyak belajar dalam empat tahun," ucapnya.

Semuanya menjadi hal yang indah setelah ia debut bersama Monsta X sekaligus meniti karier bermusik hingga ke Amerika Serikat dan dunia hingga 2019.

Dan hal indah itu terhenti menjadi kelam karena kesalahan di masa lalu dibuka kembali mulai dari utang, masa percobaan pencurian, hingga dugaan mengisap ganja pada 2013.

Untuk tidak membebankan personel Monsta X yang lain, ia mengambil keputusan hengkang dari grup tersebut, sekaligus mengucapkan selamat tinggal buat fansnya.

"Aku menyadari permasalahan masa lalu saya. Tapi aku tidak mampu melupakan fans aku. Aku menyesal dan aku perlu melakukan hal yang lebih baik buat mereka.

"Karena itu aku melakukan wawancara ini. Aku mahu meminta maaf," pungkasnya di akhir wawancara.

Kredit Foto: Soompi, Dankanator

Oleh: Maliah Surip