Krisdayanti sudah banyak mengalami naik-turun dalam kariernya. Dia pernah menjadi diva Indonesia yang digandrungi berkat lagu-lagu bertemakan cinta yang diputar di berbagai televisi dan radio. Tahun 2019 ini pun jadi loncatan yang besar dalam hidup istri Raul Lemos itu.

Diva kenamaan Indonesia, Krisdayanti, menjadi salah satu public figure yang meletakkan kariernya di tempat kedua demi mendapatkan kursi di jajaran pemerintahan. Artis asal Kota Batu, Malang, ini terpilih menjadi salah satu anggota DPR di daerah pemilihan Malang Raya. Perjalanan Krisdayanti selama mencalonkan diri menjadi anggota legislatif tentunya tidak mudah. Krisdayanti tidak hanya harus mendapatkan dukungan dari rakyat, tetapi juga keluarganya.

Perjalanan ke Senayan

Diusung oleh PDI-P, jumlah perolehan suara Krisdayanti bahkan lebih banyak dari yang ditargetkan dalam pemenangannya di Pemilu 2019. Setelah dilantik sebagai wakil rakyat, Krisdayanti akan fokus untuk membangun solidaritas kaum perempuan terhadap NKRI dan memperkuat Pancasila sebagai dasar negara.

Tak hanya itu, Krisdayanti juga punya fokus perhatian yang spesifik dalam memperhatikan masalah kesehatan, terutama dengan masih banyaknya kasus stunting pada anak-anak. Menurutnya, penanganan kasus ini penting agar anak-anak generasi mendatang lebih siap bersaing di era global.

Sangat Yakin dengan Pilihannya

Musik sudah menjadi elemen yang membesarkan namanya. Namun, KD, sapaan akrab Krisdayanti, mungkin sudah akan sulit dijumpai di panggung-panggung hiburan.

Sudah sejak masa kampanye lalu, KD sudah "blusukan" ke berbagai daerah di daerah pemilihannya. Tak heran kalau dirinya mendapatkan banyak suara.

Pilihan melepas status diva pun harus dijalaninya. KD pun berjanji akan mengemban amanah untuk membangun warga dan daerah yang sudah memercayakannya.

Konflik dalam Keluarga

Sebagai sosok public figure, tidak mudah bagi Krisdayanti untuk mengubah pandangan masyarakat terhadap dirinya sebagai wakil rakyat. Terlebih lagi mengembalikan kepercayaan publik setelah rumah tangganya dengan Anang Hermansyah kandas. Karier dan nama baik Krisdayanti juga sempat terancam saat media memberitakan keretakan rumah tangganya.

Sehchan Sagran yang dikenal dengan sapaan Atha muncul di hadapan media dengan kisah hadirnya Krisdayanti sebagai orang ketiga. Setelah Atha memutuskan untuk bercerai dengan Raul Lemos, hubungan mereka nampak sudah membaik. Krisdayanti bahkan mengunggah foto mereka bersama di akun Instagramnya.

Hal yang mungkin tak disangka adalah kasus kecanduan Krisdayanti terhadap narkoba. Untuk refreshing, dirinya pernah lebih memilih memanggil bandar ke rumah tanpa diketahui Anang saat mereka masih berumahtangga.

Ketimbang menyembunyikan aib, artis yang akrab disapa KD ini lebih memilih untuk menuliskannya di dalam buku dan berbagi motivasi untuk sembuh berkat anak-anak tercintanya, Aurel dan Azriel.

Hubungan dengan Anak Kandung

Setelah menikah dengan Raul Lemos, Krisdayanti harus merelakan dua anak kandungnya, Aurel dan Azriel, untuk tinggal dengan sang Ayah, Anang Hermansyah. Saat ini, mereka tinggal bersama Ashanty yang berstatus sebagai ibu tiri. Meski demikian, keduanya justru memiliki kedekatan emosional yang cukup kuat karena jarak usia yang tidak terlalu jauh.

Baik Krisdayanti dan Raul Lemos maupun Anang dan Ashanty sudah hidup bahagia dengan rumah tangganya masing-masing. Meski begitu, Aurel ternyata sempat mempertanyakan kesungguhan Krisdayanti untuk terjun ke dunia politik.

Terlebih lagi, Krisdayanti mewakili daerah pemilihan Malang Raya sehingga ada kemungkinan untuk pindah menetap dari Jakarta.

Pada ulang tahunnya yang ke-17, Aurel sempat ngambek pada ibu kandungnya karena tidak hadir pada pesta ulang tahun yang sudah sengaja direncanakan. Namun, baik Krisdayanti dan Ashanty saat itu memberikan dukungan bagi Aurel untuk memaafkan kejadian tersebut.

Setelah kembali berdamai dan berhubungan baik, tak heran jika Aurel tetap menunjukkan perhatiannya saat Krisdayanti memutuskan berkiprah di dunia politik.

Tradisi Lebaran dengan Keluarga

Meski sudah terpilih sebagai perwakilan DPR RI, Krisdayanti tetap harus menjalani kesehariannya sebagai seorang ibu. Selama Ramadan tahun ini, Krisdayanti juga mengalami tantangan saat membangunkan anaknya untuk berpuasa.

Amora dan Kellen, anak Krisdayanti dengan Raul Lemos masih harus dibiasakan bersabar menunggu waktu berbuka. Tingkah keduanya juga masih polos, seperti menanyakan berapa lama lagi waktu berbuka atau mulai membuka kulkas.

Jelang Lebaran, tak banyak yang dipersiapkan oleh Krisdayanti dan keluarga. Dirinya hanya ingin berpakaian ‘seragam’ untuk sekedar lucu-lucuan saat berfoto bersama.

Selain itu, tradisi keluarganya hanya sungkeman setelah salat Ied. Sementara itu, biasanya silaturahmi dengan keluarga Anang-Ashanty dilakukan atas request Aurel dan Azriel untuk mengunjungi Maminya.

Instagram: @krisdayantilemos

Oleh: Ade K Irawan