Mulan Jameela mendadak jadi buah bibir banyak orang karena baru saja terpilih jadi salah satu anggota dewan yang terhormat di DPR. Bukan hanya wajah cantiknya saja yang pasti dicari banyak orang, pemilik nama lengkap Raden Terry Tantri Wulansari ini juga punya perjalanan karier yang tak biasa. Wanita cantik kelahiran Garut, 23 Agustus 1979 ini memulai kariernya dari bawah.

Yuk, simak perjalanan singkat Mulan Jameela dari bawah sampai bisa duduk manis di kursi DPR. Siapa tahu perjalanannya malah bikin kamu terinspirasi untuk bisa berjuang keras seperti Mulan.

1. Mengawali Karier dari Café ke Café

Bukan. Bukan Ratu atau Ahmad Dhani yang membuat nama Mulan mencuat di dunia entertainment. Mulan sudah mulai mengasah kemampuan bernyanyinya dari café ke café. Wanita cantik ini pun sudah tergabung dengan banyak band café hingga dirinya punya jam terbang lebih banyak untuk menguasai panggung. Tercatat ada beberapa band café, seperti Swara Coustic, Bandung All Star, dan Dimensi Band. Sudah pasti Mulan pun siap untuk membawakan banyak jenis lagu pop sebelum benar-benar terjun di dunia hiburan.

2. Ratu Mengubah Perjalanan Hidup Mulan

Banyak orang yang akhirnya mengenal Mulan sebagai penyanyi cantik yang membawakan lagu “Teman Tapi Mesra” bersama dengan Maia Estianty. Kala itu, penyanyi yang satu ini masih memakai nama panggung Mulan Kwok untuk duo Ratu. Mulan Jameela menggantikan posisi Pinkan Mambo dalam duo tersebut pada 2005. Biarpun hanya berjalan dua tahun, Ratu dengan formasi Maia dan Mulan sempat jadi musisi yang banyak direquest oleh banyak orang.

3. Merambah ke Dunia FTV

Lepas dari Ratu, Mulan langsung tancap gas dengan merambah dunia hiburan lainnya. Dunia aktinglah yang dipilih oleh Mulan dengan membintangi beberapa judul FTV pada medio 2006 – 2007. Selain itu, Mulan juga sempat bermain di salah satu film komedi garapan sutradara Monty Tiwa berjudul Maaf, Saya Menghamili Istri Anda. Lawan mainnya kala itu adalah Ringgo Agus Rahman yang juga sedang naik daun kala itu.

4. Kontroversi Pernikahan dengan Ahmad Dhani

Banyak gosip yang menyebutkan bahwa Mulan Jameela yang menyebabkan keretakan rumah tangga Maia Estianty dan Ahmad Dhani. Hal ini pun bukan tidak berdasar. Maia menggugat cerai Dhani pada 2007. Setahun berselang, Dhani dan Mulan pun resmi menikah.

Karena kasus ini pun, hujatan dan tanggapan miring langsung diterima oleh Mulan. Sayangnya, ada fakta lain lagi yang menyebutkan bahwa Ahmad Dhani sudah mengajukan talak kepada Maia jauh sebelum gugatan cerai itu sampai ke meja hijau.

5. Bisnis dengan Omzet Jutaan Rupiah

Bukan hal baru lagi buat seorang entertainer yang merambah ke dunia bisnis. Ya, Mulan pun melakukannya dalam berbagai bidang. Mulan punya bisnis kuliner cilok muncrat yang sudah berjalan sejak 2017 silam. Selain itu, dirinya pun sudah bergelut di dunia bisnis busana muslim sejak 2018 silam, Tak heran, penampilannya sekarang pun berbeda dengan lebih anggun dalam balutan busana muslim yang cantik dan elegan.

6. Lika-liku Sampai di DPR

Pertarungan kursi di DPR juga bukan tanpa sorotan berita. Mulan Jameela yang terpilih untuk duduk sebagai wakil rakyat dari partai Gerindra pun banyak digugat oleh calon lainnya. Pasalnya, riyawat pendidikan Mulan tidak ditemukan dalam situs resmi DPR. Beruntung Mulan tetap memenangi gugatan untuk sebuah kursi DPR dan duduk mewakili rakyat di sana. Semoga dia bisa memberikan aspirasi yang prorakyat, ya.

Itu dia perjalanan singkat Mulan Jameela yang penuh dengan kontroversi. Cukup inspiratif atau punya tanggapan lain?

Kredit Foto: Wikipedia
Instagram: @mulanjameela1

Oleh: Ade K Irawan