Awal tahun 2019 ini dipenuhi banyak film-film di bioskop Indonesia yang berkisah tentang keluarga. Ada Instant Family yang berasal dari Hollywood, ada juga Keluarga Cemara yang merupakan sebuah permata dari negeri sendiri.

Kemudian di akhir Januari ini, muncul Orang Kaya Baru, film yang mengangkat tema keluarga dengan sentuhan komedi yang lebih banyak. Dengan cerita yang cukup ringan, film ini sangat pas untuk disaksikan bersama keluarga besar ataupun kerabat sesama penyuka sinema.

Disutradarai oleh Ody C. Harahap dengan skenario hasil garapan Joko Anwar, film ini juga diisi dengan banyak nama-nama beken seperti Derby Romero, Raline Shah, Cut Mini dan Lukman Sardi. Ada juga aktor cilik berbakat, Fatih Unru, yang sudah siap untuk membolak-balikkan emosi sepanjang film berlangsung.

(Film Orang Kaya Baru memaparkan transformasi hidup sebuah keluarga biasa menjalani hidup serba mewah)

Film Orang Kaya Baru bercerita tentang sebuah keluarga dengan tiga anak yang bernama Duta, Tika, dan Dodi yang sudah berpuluh tahun tinggal di rumah kecil dengan pendapatan pas-pasan namun bahagia. Ketika sang Ayah meninggal, kehidupan mereka berubah secara drastis.

Bukan, bukan meninggalkan utang seperti plot-plot sinetron pada umumnya. Sang Ayah malah mengungkapkan jika sebenarnya ia pura-pura miskin demi memberikan pelajaran bagi anak-anaknya supaya bisa menghargai apa yang mereka dapatkan.

Cerita pun berlanjut menuturkan nasib keluarga tersebut yang menjadi ‘orang kaya baru’ demi menjelaskan nilai-nilai filosofis tentang uang dan kebahagiaan yang hakiki.

Orang Kaya Baru tidak hanya mengandalkan nama-nama besar di dalam film ini, tetapi bagaimana mereka mampu membungkus realita kehidupan keluarga menengah ke bawah Indonesia dengan humor jenaka yang mampu memancing gelak tawa sepanjang cerita.



(Raline Shah pertama kali ikut main dalam film komedi bersama Lukman Sardi)

Segala sketsa yang disajikan tidak hanya lucu, namun juga berisi banyak sindiran bermuatan sosiopolitis. Salah satunya tentang bagaimana harta benda dapat mengubah seseorang. Konflik yang terjadi pada setiap karakter utama pun seperti sebuah metafora terhadap dua sisi koin kekayaan yang walaupun berlawanan arah, namun saling ada dan saling melengkapi.

Kesimpulannya, Orang Kaya Baru adalah sebuah film ringan yang memiliki pesan penuh makna. Sangat banyak sindiran sarkastik bagi para orang kaya baru (OKB) yang jumlahnya semakin banyak di Indonesia. Bila Anda merasa tersentil, berarti film ini untuk Anda.



(Hidup keluarga ini berubah mendadak kaya setelah sang ayah meninggal dunia sekaligus meninggalkan banyak harta buat mereka)

Namun jika tidak, Anda patut bersyukur dengan tercukupkannya hidup Anda.

Saat ini, film Orang Kaya Baru dapat kamu saksikan di bioskop-bioskop terdekat di seluruh Indonesia.

Sebuah film yang pas untuk menemani momen hangat bersama keluarga dengan cerita yang ringan dan jenaka, namun mengandung pesan yang perlu disampaikan pada setiap manusia, bahwa jadi kaya belum tentu bahagia.

Rating: 8/10

Oleh: Tommy Pranama