Kabar duka datang dari dunia perfilman Hollywood. Sutradara bagi dua film fenomenal Batman, Joel Schumacer dilaporkan meninggal dunia di New York City pada Senin (22/6/2020).

Schumacer dilaporkan meninggal dunia setelah tewas melawan kanker di usia 80 tahun.

Kabar itu disampaikan oleh publisis ID-PR kepada media antarabangsa. Publisis turut menyatakan Schumacer bertarung dengan kanker satu tahun terakhir ini sebelum tutup usia, kemarin.

“Schumacher meninggal dengan tenang pagi ini setelah satu tahun melawan kanker. Dia akan selalu dikenang oleh sahabat dan rekan kerjanya,” kata publisis ID-PR seperti yang dilansir dari BBC.com.

Jasa Schumacer amat besar buat francais film Batman. Ia adalah sutradara yang menggarap dua film Batman yakni Batman Forever (1995) dengan bintang Val Kilmer dan Batman & Robin (1997) yang menampilkan George Clooney sebagai Batman.



(Schumacer bersama pemeran utama Batman Forever yakni Val Kilmer, kanan, dan Chris O'Donnell)

Selain francais Batman, Schumacer juga banyak melahirkan karya hebat termasuk Falling Down yang dibintangi Michael Douglas dan tercalon di Film Festival Cannes.

Padahal, Schumacher asalnya adalah mantan siswa fesyen di sekolah mode Parsons New School for Design dan Fashion Institute of Technology di New York.

Antara karier awalnya, ia pernah menjadi costume designer buat Woody Allen dan Seal di musik video Kiss From a Rose serta INXS's di musik video Devil Inside.

Kredit Foto: EPA, Reuters

Oleh: Maliah Surip