Setelah film horornya Pusaka berhasil mengumpulkan lebih dari RM12 juta di box office, kini sutradara dan produser Razaisyam Rashid kembali membawa karya yang berbeda dengan seri drama horor produksi kolaborasi bersama Malaysia-Indonesia, Sembilan.

Menurut Razaisyam, drama 10 episode ini adalah karya baru yang dia jelajahi, dengan fokus pada konsep yang cukup menyeramkan dan bernuansa kelam dengan menggabungkan unsur-unsur modern dan tradisional.

"Sejak penonton lokal sering menganggap remah drama lokal dan cenderung gampang bosan dengan drama romantis, saya mencoba mengubah industri kami dengan membawa sesuatu yang berbeda.”

“Kami membutuhkan dukungan industri kami untuk terus memproduksi drama seperti ini. Jika nggak ada penerimaan yang baik, tentu nggak ada gunanya bagi kami untuk melanjutkannya.

"Karena kami melakukan tugas kami berdasarkan apa yang diinginkan pemirsa," kata Razaisyam, saat hadir di acara pemutaran preview Sembilan yang diadakan baru-baru ini di MBO Cinemas The Starling Mall.

Sutradara CEO ini menambahkan bahwa Sembilan adalah bagian yang lebih berat untuk disutradarai karena penuh dengan adegan yang intens dan tindakan yang penuh ketegangan serta kekerasan, dicampur dengan emosi, pengorbanan juga sentuhan keluarga.

"Jujur, ini lebih berat bagi saya jika langsung dibandingkan dengan Pusaka. Aku merasa seperti Pusaka tidak punya tantangan sama sekali jika dibanding dengan Sembilan, agak sulit karena itu benar-benar menguji pikiran saya.”

"Saya harus meneliti naskah dan alur ceritanya dengan baik dan itu sesuatu yang menantang bagi saya. Saya sebenarnya tidak mengerti apa yang dikatakan beberapa aktor karena mereka berbicara dalam dialek Sarawak dan Kalimantan.

"Namun, saya mencoba memahami emosi yang mereka coba sampaikan. Selama latihan, saya akan duduk dekat dengan para aktor dan mencoba memahami apa yang mereka katakan," katanya.

Dia juga menyatakan harapannya bahwa para pemirsa bisa memberikan dukungan penuh dan menonton Sembilan karena merupakan akan menjadi batu loncatan untuk memproduksi drama lokal secara berkelanjutan yang lebih baik di masa depan.

Sembilan difilmkan selama 74 hari di Kampung Orang Asli Kuala Boh (Cameron Highlands), Sungai Lembing (Pahang), Lembah Klang dan Studio Pinewood Iskandar (Johor Bahru).

Drama ini diperankan oleh sejumlah pemain yang berasal dari Malaysia dan Indonesia seperti Beto Kusyairy, Amerul Affendi, Azhan Rani, Sara Ali, Luqman Hafidz, Atiqah Hasiholan, Bima Azriel, Endhita Wibisono dan Roy Marten.

Jangan lewatkan Sembilan secara gratis melalui streaming 6 Desember ini di aplikasi Astro GO.



Kredit Foto: Gempak

Oleh: Ryks