Protes dan kerusuhan besar besaran masih memuncak di kebanyakan kota di Amerika Serikat termasuk di Los Angeles, San Francisco, Minneapolis, Atlanta, New York, dan banyak kota lainnya lantaran kematian George Floyd.

Pada saat banyak demostran di tangkap di seluruh AS, tak sedikit selebriti Hollywood beramai-ramai menggunakan banyak platform menyuarakan kekecewaan sekaligus berdonasi menyelamatkan demonstran yang ditangkap karena mencari keadilan terhadap kasus Floyd.

Dikutip dari CNNIndonesia, selain Beyonce dan Ariana Grande yang lantang bersuara juga aktor Jamie Foxx yang sempat ikut turun ke jalanan, kini banyak selebriti Hollywood ikut menyumbang dana untuk membantu seluruh demonstran yang sedang menggelar aksi di banyak titik Amerika Serikat.



Mereka antaranya adalah model Chrissy Teigen menyumbangkan US$200 ribu atau sekitar Rp2,9 miliar (US$1= Rp14,6 ribu).



Musisi Kehlani turut mendukung aksi itu lewat donasi US$1,000 atau sekitar Rp14,6 juta. Dalam unggahan di Instagram, ia mengatakan penindasan sistemik sudah terjadi sedari dulu.

"Penyamaran polisi, diperhitungkan sebagai supremasi kulit putih, mulai menghancurkan bisnis orang kulit hitam dan minoritas. Semua terlihat seperti binatang," tulis Kehlani.

Portal E Online ikut melaporkan sumbangan buat floyd bisa diberikan melalui Minnesota Freedom Fund, organisasi nirlaba yang membantu membayar jaminan bagi orang-orang yang tak mampu secara keuangan.

Tak hanya itu, donasi juga bisa disalurkan melalui GoFundMe yang dibentuk saudara perempuan George Floyd, Philonise Floyd.

Kekecewaan sekaligus kesedihan mendalam disampaikan pihak keluarga setelah melihat hal yang dialami George Floyd.



"Seorang perwira polisi Minneapolis berlutut langsung di leher kakak saya dan membuatnya tak bisa bernapas. Petugas lainnya juga hanya menyaksikan bahkan mengikuti hal itu, tidak berusaha menyelamatkan nyawa saudara saya," kata Philonise Floyd.

"Dana ini akan digunakan untuk menutupi biaya pemakaman, konseling mental, proses pengadilan dan membantu keluarga kami dalam mencari keadilan bagi George," ucapnya.

Donasi melalui GoFundMe telah mencapai lebih dari US$4,2 juta atau lebih dari Rp62,3 miliar meski awalnya pihak keluarga hanya menargetkan US$1,5 juta atau sekitar Rp21,9 miliar.

Floyd merupakan warga Afrika-Amerika yang tewas karena kesulitan bernapas akibat 'dikunci' lutut polisi Minneapolis, Minnesota. Floyd ditangkap setelah kepolisian menerima laporan dari sebuah supermarket yang mengklaim bahwa Floyd menggunakan uang palsu saat membeli barang.

Video penangkapan yang berujung kematian Floyd ini viral di sosial media. Aksi protes berlangsung di Minneapolis sehari setelah Floyd terbunuh, lalu menyebar hingga berujung kerusuhan di banyak kota di AS.



Kredit Foto: AlJazeera, Pioneer Press, Vulture, Festicket
Instagram: @imjamiefoxx, @beyonce, @kehlani

Sumber: CNNIndonesia