Sensasi memang bisa membuat siapapun terkenal, tapi prestasi tetap akan menjadi satu-satunya hal yang patut dibanggakan. Tahun 2019 ini, memang banyak sensasi yang timbul dan menaikkan nama beberapa selebriti, namun banyak juga artis yang menuai prestasi yang membanggakan Indonesia sehingga harus diberikan apresiasi. Siapa saja artis-artis tersebut?

Berikut 5 artis terbaik dari Indonesia yang paling berprestasi di tahun 2019!


1.Rich Brian

Sumber: YouTube.com

Bisa dibilang, mungkin sosok Rich Brian lah yang berhasil membawa nama Indonesia melambung hingga tangga lagu Billboard US. Betul, pria bernama asli Brian Imanuel ini menjadi menjadi rapper Indonesia pertama yang berhasil go international dengan menjadikan beberapa lagunya seperti Seventeen, Gospel, dan Glow Like Dat, berhasil menjadi deretan lagu rap terpopuler di Amerika Serikat. Tidak hanya itu, pemuda kelahiran 3 September 1999 ini juga berhasil terdaftar di Forbes 30 Under 30: 2018.

Tahun 2019 ini, nama Rich Brian naik karena pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo di awal bulan Juli lalu. Tidak lama setelah itu, Brian pun mengeluarkan album terbarunya yang berjudul The Sailor yang kemudian ramai diperbincangkan di media sosial karena mengusung Indonesia sebagai salah satu identitas utama albumnya.

The Sailor mendapat banyak review positif dari media internasional, salah satunya Pitchfork, yang menyebutkan bahwa “...Rich Brian’s career is getting harder and harder to dismiss.”

2.Niki Zefanya

Sumber: YouTube.com

Bernaung di label 88Rising yang juga sama seperti Rich Brian, Niki Zefanya juga salah satu artis Indonesia yang menuai sedikit sensasi, namun banyak prestasi.

Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74 kemarin, penyanyi bernama asli Nicole Zefanya ini menyenandungkan lagu Indonesia Raya sebagai pembuka aksi panggungnya di Head In The Clouds Festival, di LA State Historic Park, Amerika Serikat, Sabtu (17/8/2019). Tak hanya itu, Niki Zefanya juga mengenakan baju bertemakan merah putih sambil mengibarkan bendera kebangsaan Indonesia di atas panggung tersebut.

Prestasi yang sudah diraih Niki Zefanya sudah banyak sekali di kancah internasional. Mengawali kariernya dengan meng-cover lagu orang lain di YouTube, ia mulai menciptakan lagu sendiri dan banyak disukai pencinta musik dunia.

Sampai-sampai, sahabat dari Lisa BLACKPINK ini sempat menjadi trending nomor satu di tangga lagu Korea Selatan lewat lagunya yang berjudul Spell.

3.Stephanie Poetri

Sumber: BeritaSatu.com

Setelah tayangnya Avengers: Endgame pada akhir April 2019 lalu, nama Stephanie Poetri langsung mencuat naik. Bukan, bukan karena ia menjadi salah satu superhero di film tersebut, namun karena singlenya yang berjudul I Love You 3000 yang terinspirasi dari ucapan Tony Stark ke anaknya di film yang menjadi akhir dari saga Avengers tersebut menjadi populer.

Belakangan diketahui bahwa ternyata perempuan bernama Stephanie Poetri Dougherty ini merupakan anak bungsu dari diva penyanyi Indonesia, Titi DJ. Setelah digaet oleh label 88Rising, lagu I Love You 3000 ini pun merajai tangga lagu iTunes di Amerika Serikat.

4.Didi Kempot

Sumber: Cultura.ID

Bukan cuma millennials dan Gen Z yang berjaya mengharumkan nama Indonesia di tahun 2019 ini. Genre musik campursari yang dulu dinilai kampungan kini berjaya kembali di indonesia berkat karisma Didi Kempot. Penyanyi berumur 52 tahun yang kini dijuluki sebagai The Godfather of Heartbreak ini sudah malang melintang di kancah internasional membawakan musik campursari, mulai dari Belanda hingga Suriname.

Kini, Didi Kempot sering tampil di panggung-panggung nasional dan banyak mendapat penggemar baru dari kalangan anak muda yang menamai diri mereka sendiri Sobat Ambyar. Panggung-panggung yang dirajai oleh Didi Kempot belakangan ini antara lain Synchronize Fest hingga konser tunggalnya di Cikini.

5.Agnez Mo

Sumber: Liputan6.com


Mengawali karir sebagai penyanyi cilik, lalu aktris, dan kini menjadi penyanyi lagu-lagu dewasa, sudah pasti tidak ada yang tidak mengenal siapa Agnez Mo. Perempuan yang bernama lengkap Agnes Monica Muljoto ini sudah banyak sekali mendapatkan penghargaan di kancah nasional, seperti 18 Anugerah Musik Indonesia, 8 Panasonic Awards, 5 Nickelodeon Indonesia Kids' Choice Awards, dan 4 MTV Indonesia Awards. Ia juga telah menerima banyak penghargaan internasional, termasuk 1 Anugerah Planet Muzik, 3 Asia Song Festival, 7 JPopAsia Music Awards, 2 Mnet Asian Music Awards, 1 Shorty Awards, 3 Social Star Awards, 1 World Music Awards, dan 1 iHeartRadio Music Awards.

Hingga tahun 2019, ia sudah banyak berkolaborasi dengan banyak musisi mancanegara seperti T.I., Timbaland, French Montana, Chris Brown, dan masih banyak lagi. Walaupun banyak kontroversi menimpa dirinya, ia tetap masih konsisten mendaki hingga ke tangga teratas karirnya.

Instagram: @agnezmo, @brianimanuel, @stephaniepoetri

Oleh: Tommy Pradana