Perjalanan tahun 2019 cukup panjang untuk dijalani oleh sebagian selebritis. Sebagian dari mereka melalui tahun ini dengan terpaan berita miring. Bukan hanya kontroversial, nama mereka pun selalu menghiasi berita infotainment dalam kurun waktu yang sangat lama.

Mari kita rekap dari awal sampai penghujung tahun 2019. Mungkin hanya mendengar namanya saja, kamu sudah bisa menebak kontroversi apa yang mereka lakukan. Simak deretan artis kontroversial di tahun 2019 di bawah ini!

1. Vanessa Angel

Memulai tahun baru dengan sebuah kasus besar memang tidak mengenakkan. Namun, itulah yang dialami oleh artis cantik Vanessa Angel pada 2019 ini. Namanya mendadak jadi viral lantaran terlibat kasus prostitusi online. Kasusnya pun membawa nama artis lain yang ternyata terlibat bisnis yang sama.

Vanessa pun sempat menjalani penyelidikan dengan pihak berwenang dan diminta juga untuk meminta maaf di hadapan awak media. Setelah menjadi korban dan saksi, Vanessa pun akhirnya ditetapkan menjadi tersangka bersama dengan beberapa nama lainnya.

Dan dalam hitungan hari menutup 2020, perempuan ini membuat heboh dengan kabar pernikahannya bersama seorang pengusaha. Namun, sehingga kini identitas sang suami belum dibocorkan, malah keluarganya yang tidak diundang berharap kabar pernikahan itu bukan sebuah rekayasa.

2. Ahmad Dhani

Musisi yang terkenal dengan grup band Dewa 19 terlibat dalam panasnya iklim politik yang terjadi di Indonesia. Nama Ahmad Dhani pun mulai muncul sejak pemilihan gubernur DKI Jakarta hingga walikota Bekasi. Puncaknya ada pada kampanye pemilihan presiden yang terjadi di 2019.

Dhani memang sering ikut serta dalam berbagai diskusi politik di beberapa tempat dan membuatnya sering mengeluarkan argument bernada menjelekkan. Dia pun melontarkan argumen-argumennya di media sosial. Sialnya, pendapat yang dikeluarkan dianggap sebagai ujaran kebencian hingga membuatnya dibui.

Kini, Dhani sedang menghitung hari menghirup udara bebas. Ia dijadwalkan keluar penjara pada 30 Desember ini.

3. Barbie Kumalasari

Nama yang satu ini bisa dibilang lebih sering muncul dibanding nama lainnya di 2019. Terlalu banyak kontroversi yang diciptakan Barbie Kumalasari hingga dirinya banyak diperbincangkan oleh warganet. Selebriti yang terkenal di awal tahun 2000-an ini muncul kembali dengan tampilan baru hasil operasi yang katanya hingga Rp4 miliar.

Belum selesai sampai di situ, Barbie Kumalasari juga terkenal jadi salah satu selebriti yang suka memamerkan kekayaannya, baik di televisi maupun media sosial. Salah satu yang paling diingat adalah kala Barbie memamerkan perhiasan yang ternyata palsu.

4. Jefri Nichol

Satu yang tak kalah kontroversi adalah artis muda berbakat Jefri Nichol yang terjerat kasus narkoba. Masalahnya, kasus ini menjerat Jefri di saat kariernya sedang beranjak naik. Jefri Nichol pun harus menjalani masa rehabilitasi selama 10 bulan untuk memulihkan kecanduannya pada obat terlarang tersebut.

Nama Jefri Nichol mulai muncul sejak tahun 2016 saat membintangi beberapa judul FTV. Setahun setelahnya, sosok Jefri Nichol jadi semakin sering muncul di film layar lebar dan sejumlah webseries. Pada tahun 2017 juga, dirinya mendapatkan penghargaan sebagai pendatang baru terbaik di ajang Piala Maya.

Kini ia yang sedang hangat dengan film Habibie & Ainun 3 telah bebas bersyarat.

5. Awkarin

Bukan Awkarin namanya kalau tidak diikuti oleh kontroversi. Setelah drama kehidupannya di YouTube membuatnya dikenal oleh ratusan juta masyarakat Indonesia, namanya kembali tenar pada 2019 ini. Awkarin ambil bagian dalam demo mahasiswa dan pelajar di depan gedung DPR/MPR pada pertengahan tahun ini.

Awkarin dikabarkan membagikan makanan gratis ke para pendemo yang juga direkam dengan sangat apik untuk kepentingan konten YouTube. Belum selesai sampai di sana, dirinya pun terlibat dalam kasus penggunaan konten tanpa izin di media sosial.

6. Lucinta Luna

Bukan hanya satu atau dua kali, Lucinta Luna sudah terlalu sering menghiasai lini masa media sosial dan berbagai berita gosip terkini. Dirinya dikabarkan pernah menikah dengan seorang pria, tapi langsung cerai setelah tujuh hari tinggal bersama. Banyak yang mengatakan juga bahwa pernikahan tersebut hanya dibuat-buat untuk menaikkan namanya.

Beredar juga videonya yang sedang adu mulut dengan Deddy Corbuzier di sebuah tempat umum. Kabar lain menyebutkan, Lucinta Luna juga pernah tampil dalam sebuah acara di salah satu stasiun televisi swasta sebelum dirinya melakukan operasi pergantian jenis kelamin.

7. Nikita Mirzani

Selebriti yang satu ini membuat sebuah tren buruk di tahun 2019, yaitu pamer saldo ATM ke khalayak ramai. Setelah video dirinya beredar, jelas banyak tanggapan dari berbagai pihak. Kebanyakan dari mereka jelas menghujat aksi Nikita Mirzani tersebut.

Belum selesai sampai di sana, dirinya juga jadi sorotan karena sedang dekat dengan pengacara sukses, Hotman Paris Hutapea. Sensasi lainnya pun pernah dilakukan Nikita dengan membagi-bagikan uang ke banyak orang dalam sebuah acara.

Itu dia beberapa selebritis papan atas Indonesia yang kontroversial, viral, dan sering menghiasi media sosial dan layar kaca pada 2019. Mana selebritis yang menurut kamu paling kontroversial tahun 2019 ini?

Instagram: @vanessaangelofficial, @jefrinichol, @nikitamirzanimawardi_17, @lucintaluna, @awkarin, @barbiekumalasari

Oleh: Ade K Irawan