Manga, komik, atau apalah sebutannya memang bisa dijadikan hobi menyenangkan untuk mengisi waktu kosong. Bukan hanya itu, manga juga jadi koleksi bagus yang bisa dibuka kembali dan dibaca berulang-ulang. Faktanya, komik dan manga tersebar di seluruh dunia serta sangat mudah didapatkan.

Bukan cuma kamu, beberapa deretan tokoh terkenal pun banyak yang punya hobi membaca komik dan manga. Beberapa di antaranya bahkan cukup “gila” punya koleksi selain komiknya. Nah, siapa saja orang terkenal yang ternyata suka mengisi waktunya dengan membaca komik?

1. Armand Maulana

Vokalis band GIGI sudah punya hobi membaca komik sejak kecil. Pria kelahiran 4 Apirl 1971 itu punya kumpulan komik Amerika bertemakan superhero. Armand juga cukup gila dengan hal-hal berbau superhero. Dia pun mengoleksi action figure dari karakter komik yang dia baca.

Setelah berkeluarga dan memiliki anak, Armand Maulana merasa beruntung dengan hobi menyenangkannya itu. Dia merasa bisa lebih lancar berkomunikasi dengan anaknya melalui cerita-cerita fiksi ilmiah yang kebetulan juga jadi favorit dari Naja Dewi Maulana.

2. Fachri Albar

Anak dari musisi Ahmad Albar ini juga punya hobi mengoleksi dan membaca komik sejak kecil. Komik Wiro Sableng dan Petruk merupakan dua dari sekian banyak koleksinya. Bisa dibilang, Fachri memang lebih senang dengan koleksi komik dalam negeri.

Koleksi lain yang jadi favorit dari Fachri adalah Raden Rangga. Fachri memang sering berburu komik di toko-toko buku sekitaran Jakarta untuk menambah koleksinya.

3. Samuel L. Jackson

Dalam sebuah interview, Samuel L. Jackson mengaku sangat suka dengan anime. Pemeran Nick Furry dalam film Avengers ini mengaku suka sekali dengan anime Ninja Scroll. Anime yang satu ini cukup tenar pada tahun 1993 di berbagai dunia, bahkan di Indonesia.

Bukan hanya itu, Samuel L. Jackson juga menyukai salah satu hiburan Jepang lainnya, yaitu hentai. Biarpun wajahnya sangar, ternyata aktor Afrika-Amerika ini juga menyukai hiburan-hiburan yang menggemaskan.

4. Presiden Joko Widodo

Selalu ada hal unik seputar presiden Joko Widodo. Selain suka dengan musik rock dan mengoleksi motor, ternyata Joko Widodo suka sekali membaca komik Jepang di sela-sela kesibukannya memimpin negara. Diketahui dari juru bicara tim kampanye, Jokowi sering mengisi waktu luang dengan membaca komik Doraemon.

Komik Doraemon sudah eksis di Indonesia sejak akhir tahun 80-an silam. Hingga sekarang, komik Doraemon masih diproduksi dan bisa didapatkan dengan mudah.

5. Zac Efron

Aktor tampan dengan tubuh kekar ini juga punya hobi yang tak terduga. Selain menghabiskan waktu di gym untuk menjaga tubuhnya dalam beberapa film, Zac Efron menghabiskan akhir pekannya untuk main game dan membaca komik dibanding pergi ke luar rumah.

Hal ini yang buat Zac Efron jarang berkencan dengan banyak wanita. Sisi nerd yang dimilikinya inilah yang buat Zac mengaku kurang ahli dalam merayu wanita. Mungkin ada baiknya, dia mencari wanita gamer juga.

Ternyata membaca komik bukan jadi hobi yang buruk rupanya. Asal kamu bisa memanfaatkan hobi yang satu ini, pastinya membaca komik bisa menjadi hobi yang berguna. Jadi, apa kamu suka membaca komik juga?

Instagram: Zac Efron, Armand Maulana, Fachri Albar, Joko Widodo, Samuel L. Jackson
Kredit foto: eBay, iDWikipedia, MyComicShop.com

Oleh: Ade K Irawan