Kondisi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah di Kalimantan dan Sumatra kian bertambah buruk.

Tidak hanya seluruh rakyat Indonesia merasakan dampaknya, negera jiran, Malaysia juga ikut diselimuti kabut asap sehingga banyak sekolah di beberapa daerah dan negerinya harus ditutup pihak pemerintah.

Ikut prihatin tentang permasalahan kabut asap ini adalah presenter Uya Kuya. Ia melihat pekatnya kabut asap tersebut sudah mengkhawatirkan, karena kualitas udara berada di level bahaya.

Kepada Grid.ID, Uya Kuya mengatakan kabut asap tersebut harus segera disikapi oleh pemerintah.

"Ya harus cepat disikapi lah karena kasihan juga kan. Karena itu bisa jadi ispa kan udah ada bayi yang meninggal juga terus bisa jadi penyakit itu," katanya saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2019).

Selain Uya Kuya, penyanyi Rossa lewat akun Instagramnya, @itsrossa910, juga ikut prihatin dengan meminta agar semua pihak bisa memberi bantuan semaksimal mungkin untuk memerangi bencana nasional yang sedang dialami oleh banyak orang di berbagai tempat.

"Ya Allah, bencana nasional ??? Saudara2ku,ayo kita bantu semaksimal mungkin untuk ikut serta dalam penanganan bencana yang sedang dialami saudara kita di berbagai tempat.

"Bencana kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) makin pekat menyelimuti Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (13/9/2019).

"Kami @hara_official ingin mengajak semua untuk peduli dan mengambil peran dalam bentuk apapun. Sekiranya ada usulan dan saran,tolong kemukakan sehingga kita bisa bersama2 menghadapi musibah ini.

"Bantuan dana bisa dikirimkan ke www.kitabisa.com/harauntukindonesia. Bismillaah, ayo kita semua bersaudara. Semoga Allah segera memberikan pertolongan untuk kita semua.aamiin ya Rabb," tulis Rossa di kolom captionnya pada siri video bencana tersebut sehari lalu.



Instagram: @king_uyakuya, @itsrossa190

Oleh: Maliah Surip