Setelah sutradara live-action The Little Mermaid, Rob Marshall mengumumkan Halle Bailey terpilih untuk memerankan tokoh Ariel si putri duyung, ia disambut dengan beragam aksi.

Tidak sedikit yang membantah Bailey memerankan peran animasi ikonik yang diperkenalkan di tahun 1989 silam. Ia lantaran penyanyi berusia 19 tahun itu berkulit hitam.

Lantas sebagai protes ada yang sempat memulai petisi #NotMyAriel karena merasa Bailey yang berkulit hitam tidak sesuai dengan penggambaran putri bawah laut yang sebelumnya digambar berkulit putih dengan rambut merah di animasinya.

Merasa petisi yang dibuat keterlaluan, jaringan televisi kabel Disney, Freeform pada Minggu (7/7/2019) melayangkan surat terbuka yang intinya berisi peringatan penuh sarkastik.

Dengan judul Surat terbuka untuk Orang yang Malang, Jiwa yang Tidak Beruntung mereka mengungkapkan jika penulis asli The Little Mermaid berasal dari Denmark dan hanya menuliskan Ariel sebagai si duyung yang bebas berenang di kerajaan bawah laut di perairan internasional.

"Jadi tentang permasalahan ini, katakan jika Ariel juga berasal dari Denmark dan dia bisa menjadi kulit putih atau kulit hitam karena ada orang kulit hitam di Denmark," tulis mereka.




Freeform juga mengingatkan bahwa kisah dan karakter Ariel hanya fiksi semata. Lantaran itu semuanya harus mengaris tahu oleh karena ia fiksi semata, Disney memilih Halle Bailey karena punya bakat yang besar, sensional dan hebat.

Bagaimanapun ada netizen yang melihat surat terbuka yang diunggah di akun Instagram tersebut ditulis oleh seseorang yang tidak profesional dikarenakan bahasa dan tulisannya yang cukup sarkastik.




Kredit Foto: People.com

Instagram: @freeform

Oleh: Maliah Surip