,
Laman Utama

Maruli Tampubolon Apresiasi Presiden Indonesia soal Royalti Musisi

Gempak ID
09/04/2021
09:38 MYT
Maruli Tampubolon memberikan hormat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Presiden Indonesia Joko Widodo, terkait pengesahan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 tahun 2021, tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik.
Lewat PP tersebut, Joko Widodo mendukung para musisi mendapatkan hak royalnitnya. Karena kedepan, jika karya musisi diputar di area publik dan di tempat bisnis, pemilik tempat wajib membayar uang royalti.
"Saya mengapresiasi setinggi-tingginya untuk pak Jokowi yang sudah mau mengesahkan tentang royalti ini," kata Maruli Tampubolon ketika ditemui di kawasan Jakarta, belum lama ini.
Pria berusia 34 tahun itu merasa, PP Nomor 56 tahun 2021, tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik, menjadi sebuah kemerdekaan baru bagi musisi Indonesia.
Sebab, kedepan pastinya, para musisi Tanah Air akan mendapatkan haknya jika karya-karyanya diputar seperti di tempat perbelanjaan, karaoke, dan tempat bisnis atau komersial lainnya.
"Pastinya dong kemerdekaan musisi. Karena masalah ini (royalti) jadi masalah klasik bagi kami," ucapnya.
Namun pastinya, pelantun 'Never Stand Alone' itu Pemerintah harus unjuk gigi dan sudah sewajarnya ikut andil dan mengurusi tata kelola royalti untuk musisi.
"Memang sudah seharusnya diproteksi. Untuk kepentingan siapa? Pemilik musik. Memang harus ada lembaga untuk memonitor itu. Memang harus diperkuat," jelasnya.
Pria 34 tahun itu menyarankan, Pemerintah harus memiliki sistem yang baik untuk mengelola karya musisi yang bekerjasama dengan lembaga kolektif yang menaungi.
"Jadi mereka punya kekuatan untuk terus melihat dan mengawasi ke berbagai tempat. Jadi ke depannya bisa tahu nih, misal lagu mereka dipakai saat on air, off air atau di tempat karaoke misalkan," katanya.
Maruli Tampubolon menginginkan, lembaga kolektif bisa bersinergi dengan Pemerintah untuk mengelola royalti, demi kehidupan musisi dikemudian hari.
"Itu sangat penting, karena itu jadi masa depan musisi-musisi Indonesia," pungkasnya.
Oleh: Herco
Topic Berkaitan
Must-Watch Video
Nusantara

Finalis Puteri Indonesia Puas Hati Ramai Dah Tahu Menantu Jokowi, Erina Gudono Bau Ketiak

gempak
24/08/2024
14:54 MYT
Nama keluarga Jokowi termasuk anak, Kaesang Pangarep serta menantunya, Erina Gudono menjadi tular lantaran krisis politik Indonesia yang sedang hangat saat ini.
Laman Utama

Wanita Baling Selipar Ke Arah Presiden Indonesia, Jokowi

gempak
29/08/2023
05:37 MYT
Selain melempar selipar, wanita dengan pengenalan nama RT berusia 45 tahun tersebut juga cuba mencurahkan air mineral ke arah Jokowi.
Laman Utama

#GempakWrapped2022: Indonesia Penuh Kejutan! Dari Kes Pukul Lesti Kejora, Bomoh Hujan Rara, BCL ‘Hamil’ Sampai Begitu Syulit Melupakan Rehan

gempak
29/12/2022
14:45 MYT
Sorotan kisah menarik di Indonesia
Laman Utama

Stadium Kanjuruhan Yang Korbankan 133 Nyawa Akan Dirobohkan

gempak
19/10/2022
12:50 MYT
Stadium Kanjuruhan yang telah menjadi pemberitaan seluruh dunia selepas membabitkan kematian 133 orang baru baru ini akan dirobohkan.
Laman Utama

Pernah Ramal Langit Terbelah Tahun Ini, Paranormal Sensasi Indonesia, Mbak You Meninggal Dunia

gempak
01/07/2021
13:50 MYT
salam takziah untuk seluruh keluarga