Indonesia punya berbagai macam suku, bahasa, dan pastinya makanan. Itu juga satu hal yang paling menarik saat traveling keliling Indonesia. Kamu bisa menemukan puluhan kuliner enak pada setiap daerah yang kamu kunjungi. Indonesia pun sangat terkenal dengan jajanan pasarnya (street food) bahkan sampai ke luar negeri.

Ada beberapa kuliner pasar khas yang namanya sudah sangat mendunia. Banyak turis asing yang sengaja datang ke Indonesia untuk merasakan kenikmatannya. Sebagai orang Indonesia, kamu malah harus mencobanya semua untuk menjunjung tinggi kebudayaan yang kita miliki.

Apa saja makanan tersebut? Yuk, simak daftarnya di bawah ini.

1. Kue Putu

Banyak spekulasi kalau nama putu sendiri diambil dari sebuah singkatan. Ada yang bilang “pencari uang tenaga uap” atau “pedagang umum tenaga uap”. Jenis makanan yang satu ada sejak lama dan mudah dijumpai di pusat jajanan atau pesta rakyat. Bahkan, beberapa restoran mewah pun sudah memasukkan putu ke dalam menu mereka, loh.

Putu terbuat tepung beras yang diberi pewarna hijau dan aroma pandan. Cara bikin kue ini pun hanya memadatkan tepung beras ke dalam bamboo lalu mengukusnya dengan uap. Rasa nikmat kue putu ada di bagian dalam yang berisi gula jawa yang lumer saat digigit.

2. Kue Cubit

Namanya memang diambil dari cara memakannya. Kue cubit memang punya tekstur layaknya kue bolu dan dicubit kecil-kecil waktu menikmatinya. Kue cubit punya adonan dari tepung dan telur yang sangat kental. Adonan tersebut dipanaskan dengan api kecil di atas cetakan kue.

Dengan berkembangnya dunia kuliner, rasa kue cubit pun semakin beragam. Kamu bisa mendapatkan kue cubit rasa teh hijau, pandan, keju, taro, dan cappuccino. Bila memang ingin sensasi rasa kue cubit yang berbeda, coba saja pesan setengah matang.

3. Serabi

Kuliner pasar yang satu ini bisa berbeda-beda di setiap daerah. Ada serabi bandung, serabi jakarta, serabi solo, serabi minang, dan masih banyak lagi. Biarpun berbeda, tetap ada satu benarng merah yang menghubungkannya. Kue serabi tetap punya bagian kering karena dipanggang dengan cetakan dari tanah liat.

Serabi juga punya keunikan dari topingnya yang bermacam-macam. Kamu bisa memesan serabi dengan topik cokelat, keju, oncom, daging, abon, dan juga duren. Semua rasa akan terasa pas dengan adonan dari kue serabi, kok.

4. Panada

Manado juga jadi surganya kuliner. Panada jadi salah satu yang wajib kamu coba selain klappertaart yang juga tenar di Sulawesi. Kue yang satu ini bentuknya mirip dengan pastel. Bedanya, panada menggunakan adonan roti dan di dalamnya diisi dengan suiran daging ikan.

Selain rasa gurih dan asin yang menonjol, kamu juga akan menikmati rasa pedas khas masakan manado saat menggigit panada. Untuk menikmati panada asli, kamu tetap harus datang ke Manado langsung. Namun, sekarang sudah banyak jajanan pasar yang menawarkan panada dengan rasa yang juga enak.

5. Laklak

Datang ke Bali hanya untuk beli pie susu? Coba sekali-sekali kamu cicipi juga laklak. Camilan manis yang satu ini juga sangat terkenal di Bali dan cocok disantap dengan kopi atau teh di sore hari. Laklak memang bagian dari serabi karena punya adonan yang mirip dan cara membuat yang bisa dibilang sama.

Laklak dibuat dengan dipanggang di atas cetakan tanah liat. Bagian bawah kue ini pasti akan berwarna hitam gosong. Kue ini disajikan dengan gula merah cair dan taburan kelapa parut.

6. Tiwul

Jajanan pasar yang satu ini menjadi semakin mendunia berkat film dokumenter dari sebuah penyedia layanan video. Thiwul dibuat dari singkong yang dijemur hingga kering, ditumbuk sampai halus, lalu dikukus hingga berbentuk seperti nasi. Konon, makanan ini memang dibuat untuk mengganti nasi yang sulit didapatkan pada zaman penjajahan.

Tiwul biasa disajikan dengan parutan kelapa dan guyuran gula merah cair. Masyarakat Gunung Kidul, Yogyakarta, menyajikan menu ini pada pagi hari untuk sarapan. Tiwul memang cukup mengenyangkan dan mengandung banyak kalori untuk menunjang aktivitas seharian.

7. Pisang sale

Makan buah dalam bentuk kue kering mungkin jadi ide yang brilian. Kamu bisa jalan-jalan ke berbagai daerah di Indonesia, seperti Aceh dan Bandung, untuk mendapatkan pisang sale. Bahan dasarnya tetap pisang yang diris tipis memanjang dan dijemur sampai kering. Pisang tersebut lalu dilumuri dengan gula tebu dan tepung.

Adonan lalu diasap sampai berwarna kehitaman. Pisang sale punya rasa yang manis dan cocok untuk jadi oleh-oleh. Kuliner yang satu ini bisa berhatan hingga berbulan-bulan jika disimpan dengan baik.

Mana jajanan pasar yang sudah pernah kamu makan? Kalau masih ada yang belum, segera kunjungi pusat jajanan pasar atau pergi ke daerah asalnya untuk menikmati langsung makanan-makanan di atas.

Foto Instagram: @verajj, @destinasijajan, @slc.tour, @dapurku_sella, @doctfoodie, @dhora_kusumadewi, @cemilan.medan

Oleh: Ade K Irawan