Apa pun bentuknya, yang namanya penyakit memang bikin pengidapnya tidak nyaman menjalani aktivitas. Penyakit fisik biasanya akan membuat seseorang tampak lesu dan tak bergairah.

Di sisi lain, biarpun cirinya berbeda, orang yang kesehatan mentalnya terganggu juga bisa merasakan hal yang serupa dengan mereka yang punya penyakit fisik.

Gangguan kesehatan mental adalah sebuah penyakit yang memengaruhi emosi, pola pikir, dan prilaku dari seseorang. Untuk beberapa kasus, orang yang sebenarnya punya gangguan seperti ini bisa hidup layaknya orang biasa dan sulit terdeteksi.

Namun, mendadak berubah menjadi orang yang sangat berbeda di satu waktu.

Gangguan kesehatan seperti ini bisa memicu kematian jika tidak ditangani dengan cepat. Banyak juga penderita gangguan kesehatan mental yang akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidup lantaran tidak kuat dengan tekanan yang didapat dari dalam maupun luar dirinya.

Menurut World Health Organization (WHO), sekitar 20 persen orang pada usia remaja-dewasa (12 – 29 tahun) melakukan bunuh diri akibat depresi. Data tersebut juga menyebutkan, setiap 40 detik ada orang yang kehilangan nyawanya.

Tentu, hal ini bukan masalah kecil yang bisa diabaikan. Kamu harus tahu penyebab dan ciri-ciri dari seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental. Dengan begitu, kamu bisa melakukan pencegahan dini sebelum semuanya menjadi runyam.

Penyebab Munculnya Gangguan Kesehatan Mental

Pastinya ada banyak faktor yang menjadi penyebab seseorang memiliki gangguan kesehatan mental. Bisa saja karena faktor biologis akibat aktivitas harian atau konsumsi obat-obatan kimia juga menjadi salah satu penyebab.

Sebuah laporan dari Journal of American Medical Association menyebutkan, ada sekitar 200 jenis obat-obatan yang dipercaya bisa menyebabkan depresi. Beberapa di antaranya adalah obat asam lambung, tekanan darah tinggi, pil KB, dan masih banyak jenis lainnya. Sebagian besar obat tersebut bisa dibeli secara bebas di apotek tanpa resep dokter.

Penyebab lainnya bisa karena cedera otak karena benturan atau kecelakaan yang tak disengaja. Bisa juga terjadi karena bawaan dari orangtua yang menderita gangguan mental juga (gangguan mental organik). Salah satu yang juga sering terjadi adalah kekurangan nutrisi dan oksigen ke otak pada bayi saat persalinan dan masa pertumbuhan.

Penyebab gangguan mental di atas jarang diketahui oleh banyak orang, sebab sebagian orang menganggap gangguan mental hanya karena faktor psikologis seseorang yang menderitanya. Namun, lingkungan dan peristiwa yang dilalui seseorang juga bisa memengaruhi kesehatan mental.

Biasanya, seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental pernah mengalami pengalaman buruk, seperti kekerasan, penindasan, dan pelecehan. Bisa juga karena merasa hidup sendiri karena ditinggal orangtua atau orang yang dikasihi.

Banyak kasus gangguan mental terjadi karena seseorang memiliki perasaan rendah diri dan merasa tidak mampu bergaul dengan orang lain. Gangguan mental yang terjadi pada selebriti kebanyakan karena mereka tidak mampu menyelesaikan masalahnya sendiri.

Kasus Gangguan Kesehatan Mental pada Selebriti

Bukan hanya dua atau tiga kasus kematian selebriti akibat depresi. Tahun 2014, aktor Robin Williams meninggal dunia akibat gangguan pernapasan. Banyak sumber yang menyebutkan hal ini terjadi karena kesehatan mentalnya yang terganggu akibat film terakhirnya yang batal tayang. Robin Williams pernah meraih penghargaan Oscar pada 2008 sebagai Best Supporting Actor di film Good Will Hunting.

Kasus lain yang juga viral adalah Chester Bennington. Pria kelahiran 20 Maret 1976 ini sangat sukses dengan band Linkin Park yang pernah menjual album hingga puluhan juta kopi. Hidupnya berakhir karena kenangan kelam masa lalu. Dirinya sering di-bully di sekolah dan bercerai dari pernikahannya dengan Samantha Marie.

Kasus bunuh diri akibat gangguan kesehatan mental pun baru saja terjadi pada 2019 ini. Artis K-Pop bernama Sulli pun memilih mengakhiri hidupnya pada 14 Oktober 2019. Ini akibat dari kejamnya industri K-Pop dengan padatnya jadwal dan minimnya ruang pribadi. Bukan hanya itu, komentar negatif dari warganet pun dikabarkan jadi salah satu penyebab dirinya melakukan bunuh diri.

Cara Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental

Faktanya, masih banyak orang yang enggan berkonsultasi dengan dokter atau psikiater tentang hal-hal yang dialaminya. Di satu sisi, mereka merupakan orang yang tepat untuk membantu masalah kesehatan mental. Selain itu, rahasia dari pasien juga akan lebih aman bila mereka memilih dokter ketimbang orang lain.

Support dari lingkungan sekitar juga penting. Bila memang kamu tahu ada anggota keluarga atau teman yang punya masalah dengan kesehatan mental, mengajaknya untuk pergi ke dokter spesialis atau psikiater sebenarnya sudah jadi langkah yang tepat. Bila emang kamu yang mengalaminya sendiri, usahakan tetap berada di lingkungan yang membuatmu nyaman.

Ada juga langkah-langkah yang bisa dilakukan. Kamu perlu kelola stres dengan baik. Caranya, melakukan olahraga rutin dan kurangi konsumsi rokok serta alkohol. Bila memang butuh obat-obatan, konsumsilah sesuai dengan dosis dari dokter. Satu hal yang paling penting adalah istirahat cukup.

Sebaiknya kamu tidak menyepelekan masalah gangguan kesehatan mental, ya. Berbagilah dengan keluarga dan sahabat. Juga, tak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika mengalami masalah.

Kredit Foto: Unsplash, onehallyu.com, Dread Central

Oleh: Ade K Irawan