Kekosongan pekerjaan di industri musik Indonesia selama pandemi covid-19 setahun ini, membuat Ruri 'Repvblik' harus menjalani lagi profesi lamanya menjadi penjual es kelapa.

Hal tersebut menjawab ramainya publik yang mengomentari pekerjaan Ruri Repvblik, yang sempat heboh dan viral di sosial media. Beredar foto dan video Ruri sedang keliling berjualan es kelapa.

"Iya benar sudah sebulan ini ya saya jualan (es kelapa keliling)," kata Ruri Repvblik ketika ditemui di kawasan Jakarta, belum lama ini.

Selama keliling mendorong gerobak berjualan es kelapa, vokalis band Repvblik itu merasa bahwa pembeli curiga dengannya dan ada beberapa orang yang mengetahui, kalau pedagang es kelapa itu adalah penyanyi terkenal.

"Ya banyak yang curiga juga, ini Ruri penyanyi apa bukan. Ya mereka percaya engga percaya juga, tapi saya tetap jualan saja," ungkapnya.

Pria 40 tahun itu mengakui sama sekali tidak malu harus dorong-dorong gerobak berjualan es kelapa. Padahal selama kariernya di musik, Ruri berhasil meraih popularitas bersama grup band Repvblik.

"Buat apa malu. Karena memang saya sudah jualan sebelum bergabung dengan Repvblik. Jadi ketika pandemi kemarin, ya saya jualan lagi," ucapnya.

Ruri merasa dirinya punya kemampuan dibidang kuliner. Ruri Herdian Wantogia mengakui pernah sekolah Pariwisata sehingga ia punya keahlian dibidang kuliner, dari memasak hingga berjualan seperti es kelapa.

"Saya bisa masak, saya bisa bikin sesuatu lah. Jadi bukan hal yang aneh, cuman memang orang lain pandangannya berbeda gitu aja," jelasnya.

Alasan lain, Ruri ingin memberikan motivasi kepada masyarakat yang malu untuk berjualan demi mendapatkan uang guna bertahan hidup. Rasa malu tersebut diakuinya karena tak terbiasa menjalani pekerjaan yang diluar dari kebiasaan orang tersebut.

"Jangan malu, apapun yang kita kerjakan selagi halal tidak ada salahnya," pungkasnya. (herco)