Menjelang akhir tahun, pastinya kamu sudah menyiapkan rencana liburan bersama orang terdekat, baik di dalam maupun ke luar negeri. Banyaknya tanggal cuti bersama+tambahan cuti pribadi masing-masing pun akan menambah rencana durasi vakansi menjadi lebih panjang dari biasanya.

Mengambil liburan panjang memang adalah hak setiap orang, termasuk kamu. Namun, ada beberapa hal yang tidak boleh kita lupakan supaya liburan yang telah direncanakan dari jauh-jauh hari ini menjadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan.

Yuk, simak 4 tips libur Natal dan Tahun Baru dari kami berikut!


1.Buat Plan B dan Siap-Siap Berimprovisasi

Sumber: Glenn Carstens Peter/Unsplash

Kami yakin semua rencana yang kamu buat ini sudah kamu persiapkan sejak lama, bahkan mungkin dari pertengahan bulan lalu agar biaya tidak membengkak jadi lebih mahal dan kamu bisa mengamankan tanggal cuti juga.

Langkah yang bagus, tapi apa selanjutnya? Ada baiknya kamu membuat plan b untuk segala hal yang telah kamu rencanakan di tempat tujuan jikalau terjadi hal-hal buruk yang tidak diinginkan mengacaukan rencanamu.

Terlebih, bersiaplah untuk melakukan improvisasi di lapangan. Bawa jas hujan dan payung. Cari tahu moda transportasi umum alternatif di sekitar daerah tujuan. Masukkan titik-titik lain yang bisa kamu kunjungi sekiranya tujuan yang kamu rencanakan sebelumnya terlalu penuh/sesak/tutup. Bila nasib berkata lain, maka setidaknya masih ada pilihan untukmu bersenang-senang.

2.Beli Asuransi Perjalanan

Sumber: Ulises Baga/Unsplash

Sama seperti membawa payung untuk siap sedia sebelum hujan, kamu juga harus membeli program asuransi traveling. Lewat program ini, kamu akan mendapat jaminan keselamatan maupun kerugian yang terjadi selama traveling. Ini merupakan hal yang benar-benar penting, terutama jika kamu berencana liburan ke luar negeri.

Beberapa negara bahkan mewajibkan turis memiliki asuransi semacam ini. Asuransi traveling ini berfungsi melindungi diri kala hal buruk atau tak diinginkan terjadi. Mulai dari kecelakaan, kehilangan atau kerusakan bagasi, delay penerbangan, hingga perlindungan rumah saat sedang liburan.

Namun patut diingat juga, jangan lupa untuk mengecek secara teliti semua fasilitas yang akan kamu peroleh. Begitu pula dengan cara klaim dan tempat berlaku asuransi tersebut.


3.Perhatikan Barang Bawaanmu

Sumber: Mink Mingle/Unsplash


Kami mengerti, membawa banyak barang bawaan itu memang sesuatu yang asyik karena kamu bakal jadi lebih banyak pilihan untuk hal-hal yang akan kamu kenakan. Namun, akan lebih baik bila kamu memilih settingan outfit serta barang bawaan kamu sebelum berangkat agar kamu tidak perlu membawa beban lebih dan terbebas dari biaya bagasi pesawat yang tidak diperlukan.

Mau bagaimanapun juga, traveling dengan beban ringan itu lebih asyik, loh!

4.Jangan Jadi Gampang Bad Mood

Sumber: Priscilla du Perez/Unsplash

Tidak bisa dipungkiri, sebaik apapun kamu merencanakan perjalanan, akan selalu ada hal-hal yang membuatmu harus melenceng dari rencana tersebut. Saran kami, jangan sampai hal tersebut membuat kamu jadi bad mood. Ingat, kamu mengambil liburan supaya hatimu dan orang-orang yang kamu ajak berlibur menjadi senang. Ingat rumusnya: rencanakan, eksekusi, improvisasi. Good vibes only, okay?

Itulah 4 tips yang harus kamu ingat supaya liburan Natal dan Tahun Baru kamu bisa jadi lebih optimal. Selamat berlibur, dan Merry Christmas and Happy New Year!

Kredit Foto: Asiatatler.com

Oleh: Tommy Pradana