Ada banyak peristiwa yang terjadi setiap harinya. Beberapa hanya sambil lalu, sebagian lainnya jadi sangat viral dan terus-menerus diberitakan oleh media masa dan para warganet. Sebelum menyongsong tahun 2020 yang pastinya penuh dengan kejutan, ada baiknya menyimak kembali beberapa hal yang sudah terjadi selama 2019.

Nah, apa saja yang kamu ingat selama melalui tahun 2019 ini? Yuk, lihat kembali beberapa berita yang sempat viral di Indonesia dan juga media sosial!

1. Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019

Panasnya politik di Indonesia sudah terjadi dari beberapa tahun ke belakang, tapi puncaknya ada pada pertengahan 2019 ini. Suasana menanas pada hari pemilihan tanggal 17 April 2019. Hal itu dipicu oleh hasil hitung cepat (quick count) yang memenangkan pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai pasangan yang berhak menduduki jabatan presiden dan wakil presiden lima tahun ke depan.

Hal yang bikin berita Pemilu 2019 masih panas sampai beberapa waktu adalah gugatan pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno ke Mahkamah Konstitusi. Gugatan dari pasangan tersebut sebenarnya ditolak, tapi cerita sepanjang siding terus beredar di media sosial.

2. Meninggalnya BJ Habibie dan Ani Yudhoyono

Berita duka juga ada pada 2019 ini. Dua figura kesayangan Indonesia berpulang ke negeri abadi.

Pertamanya adalah Kristiani Herrawati Yudhoyono atau yang dikenal dengan Ani Yudhoyono menghembuskan napas terakhirnya pada 1 Juni 2019. Ani Yudhoyono merupakan istri dari Presiden Keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang pernah menjabat dalam dua periode, 2004 – 2009 dan 2009 – 2014.

Ani Yudhoyono menderita kanker darah (leukemia) dan dirawat lebih dari tiga bulan di National University Hospital, Singapura.

Kemudian, kabar ngga enak kembali menyapa rakyat dengan berita berpulangnya Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie pada Rabu (11/9/2019) sore, di RSPAD Gatot Soebroto.

BJ Habibie meninggal dunia pada usia 83 tahun.

3. Ribuan Bencana Alam Sepanjang Tahun

Bencana alam di Indonesia pun bukan sebuah hal yang baru terjadi. Pada 2019 ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada 3.271 kejadian bencana alam di Indonesia. Sebagian besarnya adalah bencana putting beliung yang mencapai 1.050 kejadian.

Bencana yang paling disorot pada 2019 ini adalah kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kalimantan dan Sumatera. Kejadian tersebut pun sempat menjadi perhatian negara tetangga yang juga terkena imbas dari asap tebal.

Malaysia dan Singapura paling banyak terkena imbas dari bencana yang kabarnya merupakan hasil dari ulah manusia.

4. Kasus Narkoba Artis

Narkoba dan selebritis layaknya seorang teman yang menjerumuskan. Sudah ratusan kasus penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang ini menjerat para selebritis yang sedang naik daun. Tahun 2019 ini pun ada sejumlah kasus yang sempat bikin heboh media sosial.

Jefri Nichol jadi artis muda berbakat yang terjerat kasus penyalahgunaan narkoba. Bintang yang terkenal lewat film Dear Nathan dan Surat Cinta untuk Starla ini ditangkap pada 23 Juli 2019. Setelah divonis sebagai tersangka, Jefri harus menjalani hukuman dan rehabilitasi.

Tri Reto Prayudati atau yang akrab disapa Nunung juga terkena kasus yang sama. Pelawak kelahiran 5 April 1964 ini terbukti mengunakan narkoba bersama dengan suaminya, Iyan Sambiran. Nunung mengaku menggunakan narkoba supaya staminanya bertambah untuk menyelesaikan jadwal syuting yang padat.

5. Penyelenggaraan Sea Games 2019 Filipina

Negara Filipina kebagian jadi host dalam penyelenggaraan Sea Games 2019. Ajang ini memang jadi salah satu yang tidak terlupakan selama penyelenggaraan Sea Games, tapi semuanya dalam hal yang buruk. Logo yang dibuat terkesan “asal-asalan” hingga sempat viral di media sosial. Selain itu, panitia penyelengaraan pun banyak mendapatkan kritik dari kontingen berbagai negara.

Banyak akomodasi yang tidak disediakan selama para atlet berada di sana. Sebut saja air minum yang tidak disediakan saat latihan dan fasilitas kamar ganti yang jauh dari layak. Belum lagi, ada sebuah foto penyelenggaraan press conference yang diadakan disebuah ruangan kecil dengan kursi plastik.

Sebenarnya beberapa atlet cabang olahraga andalan Indonesia berhasil memberikan emas. Namun, perolehan tersebut masih jauh dari harapan. Indonesia hanya duduk di peringat empat klasemen akhir dengan perolehan 72 emas, 84 perak, dan 111 perunggu.

6. Rencana Penghapusan Ujian Nasional

Menteri Pendidikan Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Makarim, pun ikut mewarnai pemberitaan pada 2019 ini. Mantan CEO Gojek ini memberikan rencana untuk menghapuskan Ujian Nasioal untuk seluruh siswa sekolah se-Indonesia. Wacana ini pun mendapat komentar berbeda dari banyak pihak.

Beberapa pihak setuju karena cara ini mungkin akan memajukan kualitas SDM Indonesia di masa depan. Di sisi lain, sejumlah bimbingan belajar tentu menolak wacana ini karena bisnis mereka mungkin akan sedikit terhambat. Namun, kita baru bisa tahu jawaban dan pengaplikasiannya pada satu atau dua tahun ke depan.

Nah, berita mana yang paling viral di tahun 2019 ini menurut kamu? Semoga tahun 2020 nanti lebih banyak berita baik yang viral, ya!

Kredit Foto: Telko.id, muslimobssesion, jawapos.com, cloudfront.net, sahabatkeluarga.go.id

Oleh: Ade K Irawan