Film Makmum siap ditayangkan di bioskop 4 negara serentak yakni Indonesia, Malaysia, Singapore dan Brunei bermula besok (15/8/2019).

Horor yang sebenarnya diangkat dari film dengan judul sama arahan sutradara Riza Pahlevi itu sempat menjadi buah mulut saat versi asalnya yang hanya berdurasi 7 menit ditayangkan lewat kanal YouTube.

Setelah ia ditayangkan, Makmum yang berkisah tentang pengalaman penghuni asrama yang tidak bisa beribadah dengan khusyuk saat sedang salat, ketika mendengar suara takbir yang mengikuti di belakang mereka telah menyedot sehingga 17 juta tontonan.

Ia pun mendapatkan banyak penghargaan bergengsi termasuk Direction Special Mention di The Crappy International Movies in Sueca (CIM-Sueca), Spanyol.

Kini, ia segera menguntit penonton di layar lebar dengan durasi 91 menit. Makmum versi layar lebar yang kali ini diarahkan oleh Hadrah Daeng Ratu.

Mampukah Makmum yang dipercayai oleh produser Deeraj Kalwani untuk diadaptasi ke versi layar lebar sekali lagi menyedot perhatian penonton?

Hal itulah yang diakui sutradara asalnya, Riza Pahlevi.

"Kami yang langsung menulis skripnya. Benar-benar membuat bagaimana si film pendek ini ruhnya tetap ada di film panjang, namun bisa dinikmati, walaupun enggak nonton film pendeknya.

"Saya rasa kita semua terikat sama mayoritas penduduk Melayu itu muslim jadi cerita tentang makmum sangat dekat dengan kehidupan kita semua," ujar Riza Pahlevi tak lama dulu.



Selain tantangan mengumpul penonton di bioskop, salah satu pemeran utamanya, Titi Kamal yang pertama kali bergabung di film horor membawa peran Rini mengaku berhadapan tantangan besar di film itu.

"Aku jadi perias jenazah yang karena kurang bersosialisasi, orangnya jadi dingin. Karakter ini lumayan challenging karena sehari-hari sangat jauh berbeda dengan karakter aku.

"Sebelum menerima agak deg-degan, bisa nggak ya? Karena genre beda, karakter beda, biasa pecicilan sekarang serius. Tapi jadi aktor memang harus bisa berubah memainkan peran apapun kan," ujar Titi Kamal seperti yang dilansir dari Antara.com tidak lama dulu.



Makmum yang juga dibintangi antaranya oleh Jajang C Noer, Tiss Biani, Reny Yuliani menggambarkan sekelompok remaja yang mendapat godaan saat sedang melaksanakan ibadah shalat.

Ia berawal dari Rini (Titi Kamal) yang memutuskan untuk menerima ajakan Ibu Kinanti (Jajang C. Noer) agar kembali membantu mengelola asrama yang pernah dia tempati dulu.

Ibu Kinanti memang sudah seringkali sakit-sakitan, dan selama ini asrama dipimpin oleh Rosa (Reny Yuliana) yang berhati dingin dan keras.

Tiga anak tidak diizinkan pulang selama liburan, Nurul (Tissa Biani), Putri (Adila Fitri), dan Nisa (Bianca Hello), karena nilai mereka dianggap jelek.

Rosa tidak memperdulikan keluhan mereka bertiga akan adanya teror yang muncul di asrama.
Setiap kali solat, selalu ada ‘makmum’ yang mengikuti mereka.

Ketika Rini tiba dan bertemu ketiganya, Rini menyadari ada sesuatu yang memang tidak beres di dalam asrama ini, sesuatu yang menyangkut dendam di masa lalu. Rini bertekad membantu ketiga anak tersebut, tanpa dia sadari nyawanya sendiri pun terancam.



Kredit sumber: Titro.id
Instagram: @makmummovie

Oleh: Maliah Surip