Dunia masih heboh membicarakan tentang virus Corona yang dijuluki 2019-nCov yang kali pertama ditemukan di Wuhan, Provinsi Hubei, China sekitar akhir Desember 2019 lalu.

Setelah lebih dua minggu, jumlah kematian akibat terinfeksi dengan virus corona ini terus meningkat.

Seperti dilansir dari BBCIndonesia, sehingga Jumat (7/2/2020), korban tewas akibat virus corona hingga saat ini tercatat sebanyak 630 orang dengan laporan 69 kematian baru di Provinsi Hubei.

Adapun kasus terinfeksi meningkat lebih dari 2.447 kasus dengan total terinfeksi mencapai 22.112 orang.

Virus Corona juga telah mencetuskan pelbagai peristiwa di seluruh dunia. Berikut beberapa fakta terkini dampak dari virus yang masih belum dapat dibendung ini.

1. Dokter yang Pertama Kali Temukan Virus Corona Meninggal



Dokter Li Wenling adalah dokter dari China yang pertama kali memperingatkan bahaya virus corona.

Malangnya, Li dilaporkan tutup usia pada Jumat, 7 Februari 2020 setelah tiga minggu terinfeksi dan berjuang dari virus corona itu sendiri.

Sebelumnya dilaporkan Li sempat terancam kepolisian dipaksa menandatangani surat untuk berhenti menyebarkan komentar palsu setelah berusaha memperingatkan bahaya virus itu kepada teman-temannya sesama dokter lewat grup obrolan supaya mereka memakai alat pelindung karena telah menemukan virus mirip SARS dari hasil tes pasien.

Lebih pilu, dokter yang meninggal dunia pada usia 34 tahun ini meninggalkan orang tuanya yang juga terinfeksi virus corona serta istri yang lagi hamil anak keduanya yang merupakan pasien virus yang mematikan itu.

2. Running Man Batal Tampil di Filipina



Para member variety show Running Man seharusnya direncana bertemu dengan penggemar mereka di Fipilina.

Namun pihak Running Man akhirnya harus akur membatalkan pertemuan atau fan meeting yang direncana pada 9/2/2020 di Mall of Asia Arena lantaran ancaman virus corona.

Pengumuman itu telah disampaikan pihak Running Man lewat akun Instagram resmi program stasiun TV SBS tersebut, @sbs_runningman_sbs.

"Dengan berat hati, sangat menyedihkan mengenai ancaman yang sedang terjadi di dunia, kami harus menunda show yang telah kami nantikan sejak lama.

"Kami tak bisa membiarkan kasus menyedihkan terjadi jika seseorang tidak merasa sehat atau orang-orang di sekitar mereka merasa sakit karena datang ke acara ini.

"Ini demi keamanan dan kesehatan semua orang, jadi mohon jangan terlalu kecewa dengan keputusan ini," tulis mereka.

Lewat pengumuman sama, mereka mengatakan para member Running Man sebenarnya telah menantikan untuk menggelar fan meeting pertama mereka di Filipina. Seluruh tiket bahkan telah terjual habis hanya dalam waktu satu jam.

Fan meeting itu ditunda dan diundur menjadi 21 Juni 2020 mendatang di Manila, tepatnya di Mall of Asia Arena.

3. Jackie Chan Tawar 1 Juta Yuan Cari Penawar Virus Corona



Aktor kenamaan Hong Kong, Jackie Chan belum lama ini membuat heboh apabila menawarkan hadiah 1 juta yuan (S$ 197.000) atau setara Rp2 miliar untuk pengembangan penangkal virus corona.

Dalam sebuah postingan di weibo pada 4 Februari lalu, Jackie Chan berharap dapat melakukan sesuatu untuk mengatasi epidemi ini, selain menawarkan lagu dan menghibur orang-orang yang terkena dampak wabah.

"Sains dan teknologi adalah kunci untuk mengatasi virus, dan saya percaya banyak orang memiliki pemikiran yang sama seperti saya dan berharap bahwa ada penangkal virus ini dapat dikembangkan sesegera mungkin," tulis aktor 65 tahun itu.

"Saya punya ide 'naif' sekarang. Tidak peduli individu atau organisasi mana yang mengembangkan obat penangkal virus corona ini, saya akan mengucapkan terima kasih kepada mereka dengan 1 juta Yuan,".

"Ini bukan tentang uang. Saya tidak ingin melihat jalanan yang dulu ramai sekarang kosong dan tidak ingin melihat rekan-rekan saya memerangi virus sampai beberapa dari mereka mati ketika mereka seharusnya menikmati hidup," lanjut dia.

Sebelumnya film teranyar lakonannya, Vanguard sempat ditarik tayangannya di China karena kekhawatiran akan penyebaran virus corona di bioskop ketika menonton film ini.

4. Bayi Pertama Terinfeksi Virus Corona



Hanya setelah 30 jam selamat dilahirkan, seorang bayi didiagnosa dengan virus corona, menjadikan ia korban paling kecil setakat ini, lapor media pemerintah China.

Bayi itu dilahirkan pada tanggal 2 Februari di Wuhan, pusat virus corona baru. Sejauh ini belum jelas bagaimana ia tertular virus apakah ketika masih di kandungan atau setelah lahir. Ibu sang bayi dipastikan positif terinfeksi corona.

5. Pasangan Pengantin Gelar Pesta Pernikahan secara Live Streaming



Pasangan pengantin di Singapura, Joseph Yew dan Kang Ting, menggelar pesta pernikahan
secara live streaming karena kekhawatiran akan penyebaran wabah virus corona.

Mereka menggelar pesta pernikahan live streaming itu pada 2 Februari 2020 di Singapura setelah kembali dari perjalanan ke China beberapa hari sebelum pesta pernikahan untuk merayakan Tahun Baru Imlek bersama sanak keluarga di Provinsi Hunan.

Provinsi Hunan berbatasan dengan Provinsi Hubei, tempat pertama ditemukannya kasus virus corona. Yew dan Kang kembali ke Singapura pada 30 Januari 2020. Pada bulan Oktober 2019, pasangan ini resmi menikah di China. Sementara, pesta yang diadakan di Singapura ini ini diperuntukkan bagi kerabat keduanya yang tidak bisa terbang ke China.

Sebelumnya, para tamu merasa takut untuk menghadiri pesta keduanya. Apalagi, saat tamu-tamu mengetahui bahwa pasangan ini baru saja kembali dari China.

"Beberapa dari mereka (tamu) mengatakan mereka tidak datang," kata Yew. Lalu, pasangan pengantin ini mencari cara untuk menghilangkan perasaan takut para tamu dengan melakukan live streaming saat pesta berlangsung.

"Kami memberi tahu para tamu bahwa kami akan melakukan konferensi video. Beberapa dari mereka terkejut," kata Yew, seperti dilansir dari BBC, Kamis (6/2/2020).

Kredit Foto: BBC, AsiaOne, Tempo

Sumber: BBCIndonesia, Tempo, Liputan6.com, AsiaOne