Tayang pada 20 Desember 2018 kemarin, film Indonesia terbaru yang berjudul Milly & Mamet sukses menyedot lebih dari 1,000,000 penonton.

Banyak dari mereka yang belum menonton bertanya, “Apa bagusnya sih film ini?”

Digarap oleh sutradara sekaligus penulis Ernest Prakasa, film yang memiliki judul panjang “Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga” adalah sebuah proyek spin-off dari franchise AADC (Ada Apa dengan Cinta?) yang fokus menyorot dua tokoh yaitu Milly dan Mamet, dua orang sahabat Cinta yang secara tidak terduga menjalin cinta dan beranjak ke jenjang pernikahan.

Kisah mereka berdua menghadapi halangan besar tatkala Alex (diperankan oleh Julie Estelle) yang merupakan teman kuliah Mamet datang dan memberikan penawaran untuk mewujudkan mimpi mereka saat masih duduk di bangku kampus dulu: membuka restoran sendiri.

Tentu saja Mamet tergoda menerimanya, tetapi tidak mudah karena masih banyak hal-hal penting lain yang harus ditangani, seperti mengurus pabrik garmen titipan ayah Milly dan mengasuh anak mereka berdua.

Menonjolkan penampilan dua aktor senior Sissy Priscilla dan Dennis Adhiswara, film ini menjadi sebuah hiburan segar yang membahas tentang rumah tangga, pekerjaan, serta tanggung jawab.

Disajikan dengan renyah dan ringan, film ini juga memiliki bobot yang dalam dan berkelas. Bukan hanya bercandaan receh karyawan pabrik dan ART, film ini juga menghadirkan banyak topik penting seperti money laundering serta pembagian kewajiban dalam urusan rumah tangga.

Berada dalam kontrol penuh sang sutradara yang juga berprofesi sebagai stand-up comedian, film ini memiliki porsi humor yang sungguh berlimpah. Lewat tangan Ernest, setiap lawakan yang ia tulis di dalam skenario menjadi senjata yang mampu memancing tawa lepas tanpa harus menjadi berlebihan dan menyinggung hal-hal yang berbau sensitif.

Film ini juga menarik karena menghadirkan Isyana Sarasvati, penyanyi populer asal Indonesia, sebagai salah satu comic relief. Tidak ada yang pernah menyangka sebelumnya bahwa pelantun lagu “Tetap Dalam Jiwa” itu mampu membuat para penonton terbahak-bahak dengan kombinasi pesona kecantikan serta keluguannya.

Belum lagi kehadiran stand-up comedian lain seperti Arafah, Aci Resti, dan Bintang Emon yang selalu berhasil menggelitik penonton untuk tertawa.

Saat diwawancarai Kompas pada 17/12/2018 sebelumnya, Ernest mengatakan bahwa ia mengambil pengalaman rumah tangganya bersama sang istri, Meira Anastasia, sebagai inspirasi dalam menulis skenario film ini.

“Kayak adegan mereka berantem saat Mamet merasa Milly 'kenapa sih lu pergi-pergi, bukannya ngurusin anak? Gue kan kelabakan' sementara dari sudut padang Milly, 'Yaelah gue juga pergi baru sekali, sekalinya gue sibuk lu langsung marah'," begitu ungkap Ernest.

Pada 31 Desember 2018 kemarin, saat Milly & Mamet berhasil melesat ke angka 1 juta penonton, Dennis Adhiswara sang pemeran Mamet mengaku terkejut sekaligus senang mendengar kabar tersebut.

"Jelas yang mengabari dari Ernest sendiri. Pada saat kami baru selesai promosi di Pekanbaru di dalam pesawat. Jujur itu berita yang menggembirakan, kita berdampingan dengan film-film Hollywood juga. Mudah-mudahan film ini bisa lebih banyak lagi menjangkau penonton," tutur Dennis kepada detikHOT.

Oleh: Tommy Pranama

Sumber: