Siapa sih orang Indonesia yang tidak mengenal Melly Goeslaw? Bahkan Generasi Z pun kenal dengan sosok ikonik pencipta lagu-lagu populer di kancah musik pop Indonesia ini.

Mulai terkenal di era 90an, hingga kini lagu-lagu yang diciptakan oleh Melly Goeslaw masih dinyanyikan seluruh lapisan masyarakat Indonesia mulai dari pengamen, organ tunggal, kontestan audisi pencari bakat, bahkan sekedar penikmat musik yang berkaraoke maupun bernyanyi sambil gitaran di pos satpam.

Namun, apakah kamu tahu perjuangan sosok salah satu musisi paling inspirasional di Indonesia ini? Yuk, kenali Melly Goeslaw lebih dekat lewat lima titik sejarah jatuh bangun karirnya!

1. Dari Backing Vocal ke Potret

Sumber: IDNTimes.com

Penyanyi dan penulis lagu dengan nama lengkap Melliana Cessy Goeslaw ini lahir pada 7 Januari 1974 di Bandung, Jawa Barat. Setelah tekun menjadi backing vocal untuk Elfa Seciora, keluarganya pun pindah ke Jakarta agar Melly bisa lebih giat menekuni bidang tarik suara. Pada tahun 1995, setelah bertemu Anto Hoed saat menjadi backing vocal dari Katon Bagaskara, ia pun membentuk band Potret bersama Arie Ayunir (digantikan oleh Aksan Sjuman pada tahun 2001), Nikita Dompas, dan Merry Kasiman. Band ini kemudian melejit di era 90an akhir lewat lagu-lagunya yang legendaris seperti Salah dan Bunda.


2. Ratu Soundtrack

Sumber: detik.com

Setelah kemudian memutuskan untuk bersolo karir, Melly Goeslaw banyak mengisi sederet soundtrack film Indonesia terutama pada tahun 2000an. Bersama suaminya Anto Hoed, Melly Goeslaw menulis lagu untuk film Ada Apa dengan Cinta, Eiffel... I'm in Love, Apa Artinya Cinta, Heart, dan Ayat-Ayat Cinta serta berkolaborasi dengan banyak musisi terkenal lainnya seperti Ari Lasso, Irwansyah, Acha Septriasa, dan Rossa.

Saking banyaknya keterlibatan Melly Goeslaw dalam menggarap lagu-lagu untuk film Indonesia, ia sempat mendapat julukan 'Ratu Soundtrack' loh, pada saat itu.


3. Gaya yang Super Nyentrik

Sumber: IDNTimes.com

Sejak awal berkarir di Potret hingga sampai saat ini, Melly Goeslaw selalu memiliki ciri khas yang sama: busana yang nyentrik dan out of the box. Sering disama-samakan dengan Bjork, musisi asal Islandia yang juga berbusana nyentrik, Melly mengklaim bahwa tiap busana yang ia kenakan "tidak asal-asalan dan selalu berkonsep."

Bahkan setelah memutuskan untuk berhijab pun, Melly tetap tampil nyentrik dengan bermain-main di hiasan kepala.

4. Kontroversi Halloween 2019

Sumber: palembang.tribunnews.com

Polemik yang berkaitan dengan dirinya muncul baru-baru ini di akhir Oktober 2019 kemarin. Bubah Alfian, seorang makeup artist, berdandan menyerupai Melly Goeslaw tetapi malah membuat Melly sendiri merasa diolok-olok dan tersinggung.

Banyak pihak, termasuk Melly Goeslaw sendiri, merasa bahwa apa yang dilakukan Bubah merupakan sesuatu yang disrespectful dan melecehkan. Bahkan anak-anak Melly sempat mendesak ibu mereka untuk mengambil jalur hukum. Kendati demikian, Melly menolaknya.

4. Lagu-lagunya Mewakili Segala Situasi



Tidak ada satupun masyarakat Indonesia yang heran kenapa lagu-lagu ciptaan Melly Goeslaw bisa selalu terkenal. Mengapa? Karena Melly mampu menciptakan lagu-lagu yang, meskipun memiliki keragaman tema yang luas tentang cinta itu sendiri, namun mudah untuk diterima dan lekat dengan telinga serta hati pendengar musik awam.

Bahkan, banyak lagu Melly Goeslaw yang dinyanyikan oleh musisi Indonesia lain dan disukai penggemarnya tanpa mereka tahu bahwa Melly Goeslaw lah pencipta lagunya. Beberapa lagu tersebut antara lain seperti Hanya Memuji dari Marcell dan Shanty, I'm Sorry Goodbye dari Krisdayanti, serta Menghitung Hari 2 dari Anda.

Lagu Melly Goeslaw mana yang kamu sukai? Ada lagu yang paling mewakili suasana hatimu saat ini?

Instagram: @melly_goeslaw

Oleh: Tommy Pradana