Kabar gembira menyapa penggemar musik hip hop. New York akan membangunkan sebuah museum hip hop yang pertama seumpamanya di dunia.

Berita itu diumumkan oleh Gubernur Andrew Cuomo pada Kamis (18/12) yang memperuntukkan modal sebanyak US$3,5 juta untuk pembangunan museum hip hop tersebut. Namun diprediksi pembangunannya akan menelan biaya US$80 juta atau setara Rp1,1 triliun.

Seperti yang dilansir dari CNNIndonesia, museum yang digelar Universal Hip Hop Museum dijadwalkan dibuka untuk umum di selatan Bronx pada 2023 mendatang.

Universal Hip Hop Museum akan menempati lokasi seluas 50 ribu kaki persegi di Bronx Point. Kawasan Borough, yang juga dikenal sebagai Boogie Down Bronx, kerap dianggap sebagai lokasi kelahiran musik hip hop.

Dilaporkan oleh The New York Post, museum disebut telah bekerja sama dengan Microsoft dan Massachusetts Institute of Technology, juga rapper Nas dan LL Cool J.

Direktur museum, Rocky Bucano berharap museum yang direncanakan dibuka tepat di tengah kawasan Bronx Point itu dapat mendatangkan turis dan menambah pendapatan di Bronx dan New York.

"Museum ini adalah bagian dari kebangkitan Bronx. Bronx akan kembali. Museum ini tentang masyarakat dan untuk masyarakat," kata Bucano.

Wacana museum ini bukanlah yang pertama kali diumumkan. Rencana yang sama sudah diumumkan pertama kali pada tahun 2006, sementara produser, disc jockey, dan rapper Afrika Bambaataa pernah membicarakan hal serupa pada 2012, serta ada sebuah museum di Manhattan yang dijadwalkan dibuka pada 2018.

Kredit Foto: CNNIndonesia