,
Hollywood

5 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa

Gempak ID
09/03/2019
08:30 MYT
Bicara tentang film animasi, kebanyakan orang masih beranggapan bahwa hanya anak kecil saja yang bisa menikmatinya. Padahal, sudah banyak sekali orang dewasa yang mampu mengapresiasi film-film ini karena zaman sekarang, kecanggihan teknologi dan kelihaian bercerita membuat film animasi dapat menjangkau dan merebut hati hampir setiap generasi.
Kabar tentang akan ditayangkannya Frozen 2 di akhir tahun 2019 ini adalah salah satu bukti bahwa kesuksesan produksi film animasi memengaruhi tingginya minat para pecinta film untuk menyaksikan lebih banyak animasi di masa depan.
Sejak Snow White and the Seven Dwarfs yang diproduksi oleh Disney ditayangkan pada tahun 1932, film animasi terus berkembang baik dari kemantapan visual maupun dari gaya penceritaan, dan beberapa mahakarya pun tercipta dari tangan-tangan para animator berbakat. Berikut adalah daftar lima film animasi terbaik sepanjang masa yang dijamin bakal membuat kamu terkagum-kagum!
1. Fantasia 2000 (1999)
Pertama kali ditayangkan secara serentak pada 17 Desember 1999, film yang dibuat oleh Walt Disney Feature Animation ini menciptakan sejarah dengan menjadi animasi pertama yang disajikan dengan megah seakan melampaui zaman. Film yang merupakan gabungan animasi serta teater musikal ini menghadirkan karakter-karakter popular Disney seperti Mickey Mouse, Donald Duck, dan Daisy Duck. Bagi penikmat musik-musik klasik pasti akan sangat terpesona dengan film animasi yang satu ini.
2. Spirited Away (2001)
Datang dari produser film animasi asal Jepang bernama Studio Ghibli, Spirited Away adalah sebuah film animasi mahakarya dua dimensi yang kualitas visual serta ceritanya masih menjadi perbincangan hangat bagi seluruh penggemar film di dunia saat ini. Bercerita tentang seorang gadis kecil yang tidak sengaja memasuki “dimensi lain”, film animasi ini mampu menyentuh hati semua generasi lewat kisah yang hangat serta kritik sosial yang diselipkan ke dalam metafora dan simbolisasi tersembunyi.
3. Frozen (2013)
Disney memang telah banyak mengeluarkan film animasi yang ciamik, namun harus diakui Frozen adalah film yang paling memberikan banyak pengaruh pada Generasi Z. Film ini juga menandai dimulainya era baru cerita-cerita Disney Princesses lewat karakter Elza dan Anna yang kuat, tangguh, serta independen. Setelah Mulan, Frozen adalah film animasi dengan teknologi visual canggih yang dibuat oleh Disney untuk memberikan pesan pesan positif tentang pemberdayaan perempuan bagi anak-anak penerus masa depan. Belum lagi, sekuelnya, Frozen 2 akan segera tayang pada November 2019 nanti. Jadi buat yang suka dengan film pertamanya, siap siap ya!
4. Inside Out (2015)
Ketika sebuah film animasi menggabungkan visual yang serba apik, tokoh-tokoh menggemaskan, serta teori psikologi Carl Jung dan Sigmund Freud, bukan hal yang berlebihan untuk menyebutnya sebagai sebuah mahakarya. Inilah Inside Out, sebuah film animasi 3 dimensi dari Pixar yang menelaah lebih dalam isi kepala dari seorang gadis belia bernama Riley dan bagaimana ia menghadapi situasi-situasi yang mengharuskan ia untuk menjadi dewasa. Film ini juga memenangkan penghargaan Best Animated Feature Film di penghargaan Oscar 2016.
5. Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018)
Sejak awal abad ke-21, Spider-Man adalah sosok superhero yang ceritanya selalu diangkat ke berbagai macam medium visual mulai dari komik, film, sampai film animasi. Dulu, para kritik serta penikmat film memuja-muja Spider-Man 2 sebagai film terbaik yang menceritakan tentang manusia laba-laba ini. Namun, muncullah film animasi Spider-Man: Into the SpiderVerse dan segalanya berubah seketika. Film ini bukan hanya mendobrak batas dari segi kualitas animasi, tapi juga ceritanya. Tokoh utama Spider-Man di sini bukanlah Peter Parker, tapi Miles Morales. Namun, Peter Parker sebagai Spider-Man lain juga ada di sini sebagai pemeran pendukung. Penasaran kan, dengan ceritanya?
Kredit Foto: Walt Disney, Studio Ghibli, Pixar
Oleh: Tommy Pranama
Topic Berkaitan
Must-Watch Video
Nusantara

Baca 5 Fakta Film "Frozen 2" Berikut Sebelum Menonton Filmnya!

gempak
24/11/2019
04:34 MYT
Hiburan

Sekuel 'Spider-Man: Into the Spider-Verse' Muncul 2022?

gempak
03/11/2019
23:48 MYT
Asia

Taeyeon SNSD Jadi Pengisi OST Frozen 2 Versi Korea

gempak
30/10/2019
10:05 MYT
Viral

Rilis Memoar, Demi Moore Klaim Pernah Threesome Atas Permintaan Ashton Kutcher

gempak
27/09/2019
04:49 MYT
Hollywood

Trailer Rasmi Frozen 2 Trending Di Youtube Selepas Sehari Dilancarkan…Fuhh!

gempak
13/06/2019
03:50 MYT