Setiap orang pasti memiliki lagu hitsnya masing-masing. Baik lagu sedih maupun lagu bahagia, setiap penikmat lagu akan merasa ada yang kurang kalau sudah lama tidak mendengarkan lagu tersebut. Bisa jadi, lagu tersebut menjadi lagu hits karena ada kenangan di balik lagu itu atau hanya karena lagu itu bagus dan ear catchy.

Bukan hanya individu saja, masyarakat Indonesia secara keseluruhan pun pasti memiliki lagu hits bersama-sama yang kerap didengarkan dan dinyanyikan. Lagu-lagu ini biasanya menjadi lagu hits dalam berbagai acara atau ketika karaoke bersama. Apa saja lagu-lagu tersebut?

Queen – Bohemian Rhapsody

Lagu karya Queen yang berjudul Bohemian Rhapsody ini memang telah menjadi salah satu lagu paling legendaris bukan hanya di Indonesia namun di berbagai penjuru dunia lainnya. Pasalnya, lagu ini dirasa unik namun tetap enak didengarkan.

Sang vokalis Freddie Mercury yang menciptakan lagu ini sempat mengaku bahwa lagu ini ia ciptakan karena ia ingin mengemas sebuah lagu dengan nuansa opera. Jadilah Bohemian Rhapsody ini ia ciptakan hingga akhirnya menjadi lagu legendaris yang sulit ditiru oleh pemusik lainnya.

God Bless – Rumah Kita

Lagu God Bless yang satu ini digemari bukan hanya oleh penggemar God Bless namun juga oleh penikmat musik Indonesia pada umumnya. Dirilis pada tahun 1988, lagu ini masih sering dinyanyikan oleh berbagai musisi baik di depan layar maupun secara off air hingga sekarang. Lagu yang menceritakan tentang kekayaan alam Indonesia ini menjadi lagu paling manjur yang dibawakan pemusik untuk membuat audiensnya ikut bernyanyi dan melambaikan tangan bersama-sama.

Koes Plus – Bunga Ditepi Jalan

Lagu romantis yang satu ini memang sudah mulai jarang didengarkan oleh anak-anak muda di jaman sekarang. Namun, bagi mereka yang lahir pada tahun 50-an hingga 90-an, lagu ini tetap menjadi lagu yang wajib didengarkan setiap kali ada kesempatan. Lagu ini dirilis pada tahun 1978 dan hingga saat ini masih sering dinyanyikan oleh pemusik-pemusik lahiran tahun 50-90an.

Iwan Fals – Kemesraan

Apabila kita menghadiri acara reuni di Indonesia, lagu Kemesraan karya Iwan Fals ini pasti akan dinyanyikan sebagai lagu penutup. Lagu yang menggambarkan perasaan ketika melepas rindu ini memang sangat digemari berbagai generasi terutama dalam acara reuni sekolah atau kuliah. Apabila ditampilkan, lagu yang dirilis pada tahun 1988 ini pasti akan ikut dinyanyikan oleh semua orang yang datang sambil melambai-lambaikan tangan perlahan bersama-sama.

Dewa 19 – Pupus

Apabila lagu sebelumnya adalah lagu wajib bagi mereka yang melepas rindu dengan kawan-kawan, lagu yang satu ini adalah lagu wajib bagi mereka yang patah hati. Lirik lagunya begitu menyayat hati dan nadanya pun terasa begitu menyedihkan. Banyak remaja yang menyanyikan atau sekadar mendengarkan lagu ini ketika mereka sedang merasakan kesedihan terkait kisah cinta mereka masing-masing.

John Lennon – Imagine

Lagu yang satu ini pasti sering muncul dalam acara-acara yang berhubungan dengan perdamaian. Memang, Imagine karya John Lennon ini secara eksplisit mengajak kita mengandaikan apabila dunia ini damai tanpa banyaknya perseteruan yang bahkan berakhir pada perang.

Dengan suara lembut dan lambat, lagu ini menjadi lagu hits sepanjang masa yang sering digunakan untuk mengingatkan kita akan pentingnya perdamaian.




Kredit Foto: BBC
Kredit Video: YouTube

Oleh: Rahina Adani