Musisi legendaris Iwan Fals akhirnya merilis album teranyarnya yang ia persembahkan untuk sang istri, Rossana Listanto.

Album tersebut tercipta lantaran kritik dari anak bungsunya, Raya Rambu Rabbani. Iwan Fals dikritik lantaran kerap membuat lagu untuk orang lain namun gak pernah bikin karya untuk istrinya tersebut.

"Ini mulanya dari Raya tuh, kan dibikinin lagu waktu kecil. Dia protes tuh, kok mbak Cikal, mas Galang dibikinin lagu, aku dibikinin lagu, mama kok enggak dibikinin lagu?

"Aku sempat syok, sempat kaget. Lho kok iya ya? Kenapa enggak?" ujar Iwan Fals di kediamannya di kawasan Leuwinanggung, Depok, Senin (15/4).

Album terbaru Iwan Fals tersebut ia beri nama Rosana. Album ini berisi 12 lagu yang ia persembahkan dan sengaja sudah disiapkan sejak lama.



Ia berisi kisah cinta Iwan Fals dan Rosana saat mereka masih pacaran sehingga wanita itu kini masih setia mendampingi dirinya selama 40 tahun sekaligus melahirkan cahaya mata buatnya.

Selain itu, Iwan Fals mengakatan bahwa album Rosana yang ia dedikasikan untuk istrinya tersebut pun lantaran terinspirasi dari sosok Kaisar Mughal Shah Jahan yang membuat bangunan Taj Mahal di India yang didedikasikan untuk istri.



"Saya pernah keliling ke Taj Mahal, India. Ada suami yang bikinin bangunan gitu, saya pingin juga dong. Hahaha," terang Iwan Fals.

"Siapa tahu jadi Taj Mahal tapi dalam bentuk yang lain," tandasnya.

Album tersebut merupakan album ke 39 yang dibikin Iwan Fals saat dirinya menjalani proses penyembuhan usai mengalami cedera di bagian lengan kiri pada Mei tahun lalu.

Ia dijadwalkan rilis secara digital di pekan depan dan direncana dirilis dalam bentuk boxset pada Mei mendatang.

Instagram: Iwan Fals

Oleh: Syba