Jilbab sejatinya digunakan untuk menutup sebagian aurat pada perempuan. Dewasa ini pun, sudah banyak perempuan muslim yang sadar untuk mulai mengenakannya dalam aktivitas sehari-hari. Hal ini yang buat banyak para hijabers atau perempuan yang mengenakan hijab memodifikasi tampilannya mereka dengan gaya dan padu padan tersendiri.

Umumnya, para hijabers menggunakan kain lebar untuk menutup bagian rambut dan leher. Belakangan, bentuk jilbab pun mulai bervariasi, mulai dari scarf dan pashmina. Buat kamu yang masih bingung memilih gaya jilbab seperti apa, yuk intip beberapa tips dan rekomendasi di bawah ini!

1. Koleksi Jilbab dengan Beraneka Warna



Jilbab nantinya akan jadi layaknya baju dan celana kamu sehari-hari. Sekaranglah saatnya mencoba hal baru dengan mengoleksi berbagai kain yang punya warna berbeda. Bila masih bingung memulainya, coba saja pilih warna pastel dan warna gelap untuk koleksi awal. Warna-warna tersebut cukup aman untuk disandingkan dengan berbagai warna baju, kok.

Jika kamu sudah mulai cukup pede, coba pilih warna-warna yang lebih cerah. Warna-warna tersebut akan mengeluarkan aura cantik dari dalam diri kamu. Punya banyak pilihan warna juga akan jadi kelebihan kamu karena bisa tampil berbeda setiap harinya.

Kamu pun bisa ‘menabrakan’ warna jilbab dengan baju yang dikenakan, loh. Percaya, deh, kamu akan tampil modis dan jadi perhatian banyak orang. Untuk gaya lainnya, coba samakan warna jilbab dan sepatu yang kamu pakai, ya. Dijamin, gaya kamu akan terlihat beda dari orang lain.

2. Tampil Kasual di Balik Jilbab

Siapa bilang hijab hanya bisa dipadukan dengan gamis? Kamu malah bisa memilih pakaian lebih banyak gaya, khususnya yang kasual. Pakai t-shirt atau kemeja, bebas. Mau lengan panjang, pendek, atau tank top pun bisa. Kamu tinggal tentukan gayamu sendiri.

Buat atasan pendek, kamu bisa memadukannya dengan outer yang tepat. Kaos putih polos tentunya bisa disandingkan dengan kemeja jeans biru. Sweater dengan motif tulisan atau gambar pun bisa menjadikan gaya kamu lebih kasual dengan hijab, loh.

Bagaimana dengan bawahannya? Celana jeans terbilang paling aman untuk para hijabers yang mau tampil kasual. Untuk kamu yang mau tampil lebih anggun, coba pilih rok panjang dengan warna yang putih atau pastel. Dengan gaya ini, kamu bisa mengenakan sneakers atau flat shoes dengan lebih nyaman.

3. Perhatikan Bentuk Wajah

Cara pakai jilbab juga harus menyesuaikan dengan bentuk wajah kamu, ya. Coba perhatikan baik-baik lagi bentuk wajah kamu di cermin dan bayangkan kamu mau bentuk seperti apa saat mengenakan jilbab nantinya. Buat kamu yang punya wajab bulat, coba perhatikan tulang pipi sebagai patokan kain jilbab kamu di wajah. Jangan lupa pakai ciput di dalam jilbab supaya wajah terlihat lebih panjang.

Di sisi lain, kamu pemilik wajah lonjong malah harus memerhatikan dahi dan alis saat pakai jilbab. Pilih juga model Turki dengan menampilkan sedikit daleman ciput yang menutupi dahi. Pilih juga kain dengan bahan tebal untuk buat wajah lebih padat.

Pemilik wajah kotak malah disarankan untuk menggunakan jilbab yang lipatan atasnya lebih tebal. Gunakan juga motif garis halus untuk menyamarkan lekukan wajah kotak kamu. Jika wajah kamu segitiga, model ninja pasti cocok untuk dicoba.

Terakhir, pemilik wajah tirus bisa mencoba jilbab dengan model tumpuk di bagian samping. Dengan begitu, wajah kamu akan terlihat lebih berisi.

4. Tambahkan Aksesori

Mau tahu aksesori apa yang paling mudah diaplikasikan dengan jilbab? Jawabannya adalah kalung. Aksesori ini bisa disandingkan dengan t-shirt atau kemeja polos saat pakai jilbab. Untuk aktivitas sehari-hari, kamu bisa pilih kalung dengan bandul kecil. Pilih kalung dengan kepala yang lebih besar saat hadir ke pesta, ya.

Buat tampilan lebih stand out, kamu bisa menambahkan headband dengan motif bunga. Jangan takut pula untuk memasang bros mungil di hijab untuk menambahkan aksen berbeda. Untuk yang mau tampil simple, kamu bisa menggunakan peniti atau japitan berwarna. Aksesori sederhana malah bisa bikin tampilan berbeda, loh.

5. Punya Persediaan Peniti yang Banyak

Khusus untuk para hijabers, punya peniti banyak di dalam tas sudah jadi sebuah keharusan. Pasalnya, peniti dan jarum merupakan alat untuk membuat jilbab kamu tetap para posisinya. Punya stok peniti dan jarum yang banyak pun tentunya bisa punya cadangan bila peniti kamu hilang saat mencopotnya di kala akan solat. Selain itu, kamu bisa saling membantu hijabers lain yang butuh peniti dan jarum.

Eits, bukan hanya itu saja loh kegunaan jarum dan peniti. Jarum dan peniti juga bisa jadi alat untuk membentuk hijab jika ingin menggunakan tampilan yang berbeda. Jangan remehkan benda kecil ini ya!

Nah, sekarang saatnya tampil trendy dan kece dengan jilbab, ya!

Kredit Foto: Pexel, Unsplash, Popbela.com
Instagram: @nabilahkariem,@neelofa, @dianpelangi

Oleh: Ade K Irawan