Lebaran semakin dekat, musim mudik atau pulang kampung pun semakin tidak bisa dihindarkan. Ini karena merantau atau tidak, kita semua tentu ingin menghabiskan hari raya Idulfitri dengan keluarga. Karena itu, rasanya selalu ingin cepat-cepat pulang kembali ke kampung halaman,

Namun, selalu ada saja halangan yang bisa dihadapi setiap kali kita ingin kembali ke rumah asal. Mulai dari masalah dengan kendaraan, kehabisan tiket transportasi umum, atau bahkan kemacetan yang menunda ketibaan kita di pelukan orang tua.

Karena itu, penting bagi kita semua menyiapkan aktivitas mudik dengan maksimal. Jangan khawatir! Bagi Anda, kami sudah siapkan tips agar mudik Anda lancar dan menyenangkan.

Bila naik kendaraan umum:

  1. Pastikan tiket sudah terbeli dari agen-agen resmi

Bus, kereta, atau pesawat sudah menjadi pilihan umum bagi kita yang kampung halamannya cukup jauh. Karena itu, penting bagi kita untuk memastikan bahwa tiket transportasi umum yang kita pilih sudah dengan aman berada di tangan.

Pastikan untuk membeli tiket jauh-jauh hari agar menghindari kehabisan dan jangan lupa untuk memastikan bahwa tiket yang kita pegang resmi dan bukan hasil tipuan. Untuk meyakinkan kembali, Anda bisa membeli tiket-tiket tersebut di agen resmi maupun di situs-situs penjualan tiket yang sudah jelas latar belakangnya.

Jangan sampai tiket yang Anda beli palsu, ya! Bisa-bisa, Anda batal mudik karena salah memilih agen pembelian tiket Anda.

2. Bila naik bus, pastikan bus yang Anda tumpangi sudah melalui tahap ramp check

Keselamatan Anda adalah yang utama. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengecek kembali keamanan bus yang akan mengantarkan Anda ke tujuan.

Salah satu cara untuk memastikan keamanan bus Anda adalah dengan menanyakan apakah bus tersebut sudah melalui proses ramp check resmi dari Kementerian Perhubungan. Ramp check adalah proses pemeriksaan keamanan yang kerap kali dilakukan Kementerian Perhubungan Indonesia terhadap kendaraan-kendaraan berat.

Jangan sampai, bus Anda belum melalui proses tersebut, ya! Apabila di jalan bus Anda terbukti belum melalui ramp check, bukan hanya keamanan Anda yang terancam namun bus pun bisa pula diberhentikan oleh kepolisian.

Bila naik kendaraan pribadi:

  1. Jaga kesehatan diri sendiri dan kendaraan

Ketika berkendara secara pribadi menuju rumah asal, kesehatan kita dan kendaraan kita sangatlah krusial. Baik diri kita mau pun kendaraan kita sama-sama berpengaruh pada keamanan perjalanan panjang yang nanti akan ditempuh bersama keluarga.

Karena itu, Anda harus memastikan bahwa diri Anda cukup sehat untuk berkendara dengan memeriksakan diri dan membawa perkakas kesehatan serta pastikan bahwa kendaraan Anda sudah melalui proses pengecekan di bengkel mobil kesayangan Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi menghadapi drama sakit di tengah jalan atau mobil mogok karena rusak.

  1. Pantau perkembangan lalu lintas menuju kampung halaman.

Bukan hanya masalah kesehatan fisik dan kendaraan saja, kemacetan juga bisa menjadi penghalang akan keberhasilan mudik Anda. Karenanya, pastikan bahwa rute yang Anda pilih tidak terlalu macet dengan terus mengecek peta di internet atau memantau laporan dari pemerintah.

Itu tadi adalah tips-tips yang wajib Anda perhatikan sebelum berangkat pulang ke perkampungan untuk merayakan lebaran bersama keluarga. Dengan tips tersebut, persiapan mudik Anda akan menjadi semakin maksimal. Selamat berpulang ke rumah!

Kredit Foto:

Oleh: Rahina Adani