Tutup usianya aktor Ashraf Sinclair pada 18 Februari 2020, pukul 04:51 WIB, akibat serangan jantung meninggalkan banyak legasi karya lakonannya.

Aktor peran yang juga seorang model dan hos dari Malaysia ini merambah karier seninya di Indonesia setelah menikah dengan Bunga Citra Lestari sejak 11 tahun silam.

Sepanjang tempoh itu, bapa kepada seorang putra, Noah Sinclair itu sudah ikut bergabung dengan beberapa proyek Nusantara yang semakin membesarkan namanya di ranah perfilman.

Sebelum meninggal dunia, Ashraf diketahui sempat bergabung dalam sinetron Dewi yang ditayangkan di MNC TV itu.

Namun begitu, berikut 4 naskah lakonan Ashraf yang cukup membuat namanya harum.

1. Gol & Gincu


Nama Ashraf Sinclair melejit di Malaysia setelah berperan sebagai Eddy dalam film Gol & Gincu yang ditayangkan pada tahun 2005 sebelum dilanjutkan dengan serial televisinya setahun kemudian.

Gol & Gincu adalah sebuah filem drama komedi romantis sukan Malaysia 2005 arahan Bernard Chauly terbitan Red Communications dengan cerita asal Lina Tan dan Rafidah Abdullah.

Naskah ini mengenai perjalanan seorang gadis manja (Putri) lakonan Fazura yang pada asalnya berminat dengan fesyen kemudian mula bermain futsal untuk mengejar cinta. Putri merupakan seorang pelajar kolej yang bertekad untuk menawan kembali bekas teman lelakinya lakonan Ashraf atau Eddie.

2. Saus Kacang



Dirilis pada tahun 2008, Saus Kacang adalah satu satunya film yang menggabungkan Ashraf Sinclair dan istrinya, Bunga Citra Lestari lewat sebuah layar lebar.

Saat ini, keduanya masih belum menikah, namun di film yang disutradarai oleh Indrayanto Kurniawan ini mereka dipadankan sebagai pasangan kekasih.

Saus Kacang mengisahkan tentang Dewi (Bunga Citra Lestari) seorang Chef de Cuisine restoran di sebuah hotel bintang 5 di Bali sudah berulangkali sial dalam cinta.

Fredo (Ashraf Sinclair), seorang turis dari Malaysia yang sangat menyulitkan karyawan hotel. Ia moody, sering komplain dan yang paling parah, ia senang sekali menghina para pegawai hotel.

Tapi buat Dewi dengan slogannya "Tak ada tamu yang tak bisa dihadapi", ini adalah tantangan.

Usaha Dewi terlalu berlebihan hingga mereka tak sadar telah keluar rumah di saat perayaan Nyepi. Mereka pun mendapat hukuman membersihkan pura selama beberapa hari. Masa-masa menjalani hukuman itu terungkap bahwa mereka memiliki nasib yang sama dalam cinta.

Hubungan mereka makin akrab dan lebih ceria menjalani hukuman. Di saat mereka berdua siap menjalani lembaran baru, mantan calon istri Fredo, Mae (Marsha Milan Londoh) datang menyusulnya ke Bali, menawarkan cintanya kembali.

Film ini dibintangi antara lain oleh Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair, Nadia Saphira, Marsha Milan Londoh, Bams Samsons, Christian Sugiono, dan Rima Melati.

3. Cinta & Anugerah


Di dunia sinetron, nama Ashraf Sinclair cukup populer saat bergabung di sinetron dengan 244 episodm Cinta & Anugerah pada tahun 2009.

Ashraf berperan sebagai Reza, bermain dengan Nabila Syakieb yang sinetronnya ditayangkan di RCTI Indonesia dan kemudian ditayangkan di TV9, Malaysia pada tahun 2010.

Ringkasnya, Cinta & Anugerah mengangkat kisah tentang Nabila gadis sederhana yang cantik dan baik hati. Ia tinggal bersama kedua adiknya Aira (Yasmine Wildblood) yang cantik, periang tetapi ceroboh, dan Mini (Wilda Hamid) yang pintar, alim tetapi kuper. Walaupun berbeda sifat, mereka saling menyayangi dan mendukung satu sama lain.

Beban hidup ketiga kakan beradik ini cukup berat, mereka mereka harus kehilangan rumah, harta mereka satu-satunya, karena tidak sanggup membayar hutang yang ditinggalkan ayahnya.

Ayahnya hanya meninggalkan sebuah surat yang isinya memberitahukan bahwa Nabila dan adik-adiknya masih memiliki kerabat dekat dari ibunya, Reza (Ashraf Sinclair), seorang pengusaha kaya.

Walaupun tidak yakin Reza akan mengenali mereka, Nabila, Aira dan Mini pun nekat mendatangi rumah Reza. Kedatangan mereka ke rumah Reza disambut dingin oleh Reza. Setelah membaca surat dari Imran, Reza yang ternyata tampan dan angkuh ini pun menerima mereka bertiga untuk tinggal di salah satu pavilion rumahnya, dengan syarat mereka harus bekerja di rumah megah Reza.

4. Do(s)a

Do(s)a adalah naskah Nusantara terakhir yang sempat mengajak Almarhum bergabung beberapa tahun lalu sebelum ia menutup usia.

Naskah ini adalah naskah Nusantara pertama di bawah slot An Astro Original Series dengandua karyawan gandingan Malaysia dan Indonesia, saudara Saniboey Mohd Ismail dan Salman Aristo, yang turut bertindak sebagai Penulis Skrip.

Ashraf bergabung dengan nama nama besar dari Indonesia dan Malaysia termasuk Remy Ishak, Datuk M. Nasir dan Shenty Feliziana.

Di mini serial ini, Ashraf berperan sebagai Fuad yang merupakan salah satu dari empat adik beradik yang dibesarkan oleh bapa tunggal mereka dengan nilai-nilai kesederhanaan, pegangan agama yang kuat, dan disiplin persilatan.

Perhubungan keluarga ini bergolak apabila Fara berkenalan dengan seorang lelaki Indonesia, Arian (Reuben Elishama), yang tiba dari Jakarta semata-mata untuk berjumpa dengan Latif.

Dalam usaha Arian melembutkan hati Fara untuk membawanya bertemu dengan Latif, mereka menjadi semakin rapat. Menyedari akan hal ini, abang sulung Fara, Fuad yang seolah-olah mengetahui tujuan Arian mencari Latif menghalang Fara untuk terus bertemu dengan Arian.

Fuad kemudian bertindak mengusir Arian pulang ke Jakarta. Menjanjikan bahawa Latif tidak mahu lagi ada kaitan dengan ‘orang-orang seperti Arian’.

Berang dengan tindakan Fuad, Fara bertindak mengekori Arian ke Jakarta, tanpa mengetahui bahaya yang menanti dirinya di situ.

Instagram: @ashrafsinclair

Oleh: Maliah Surip