Tahun 2018 kemarin ditutup dengan sebuah kisah romantis. "Asal Kau Bahagia", sebuah lagu pop yang dipopulerkan oleh Armada diadaptasi menjadi sebuah film layar lebar yang ditayangkan secara perdana pada 27 Desember 2018 dengan judul yang sama.

Film romansa remaja ini disutradarai oleh Rako Prijanto yang juga pernah menggarap Teman tapi Menikah sebelumnya, sementara skenario ditulis oleh Upi (Realita Cinta Rock & Roll, My Stupid Boss) dan Aline Djayasukmana (Catatan Si Boy).

Aliando Syarief (Ganteng Ganteng Serigala, Sweet 20) dan Aurora Ribero (Susah Sinyal) akan menjadi dua pemeran utama yang akan saling mengadu akting di film ini.

Mengambil genre fantasy romance, Asal Kau Bahagia bercerita tentang Ali yang sekarat karena ditabrak oleh sebuah truk besar. Meskipun tubuhnya terbaring tak berdaya di rumah sakit, namun jiwanya masih hidup dan bergentayangan di dunia nyata.

Tak mampu terlihat oleh orang-orang biasa, Ali menemukan banyak fakta yang tidak bisa ia percaya. Aurora, gadis yang sangat ia cintai, ternyata sudah berpacaran dengan seorang pemuda bernama Rassya (diperankan oleh Teuku Rassya).

Didorong oleh rasa penasaran dan determinasi untuk membuat segalanya lebih baik, Ali harus menyelesaikan semua persoalannya dengan segala keterbatasan yang ia miliki.

Bila membandingkan Asal Kau Bahagia dengan film romansa Indonesia lainnya, banyak keunggulan yang bisa dibahas. Salah satunya, film ini memiliki warna dan sinematografi yang sangat apik.
Palet melankolis yang digunakan membuat Asal Kau Bahagia seperti datang langsung dari filter Instagram.



Belum lagi, penulisan skenario yang sangat baik membuat film ini tidak menjadi terasa sekedar sebuah terjemahan mentah dari lagu Armada tersebut. Tema film ini mungkin memang tidak fresh karena sudah banyak digunakan di film-film lain seperti Love is Cinta, Just Like Heaven, atau Ghost.

Namun, berkat penulisan skenario dan cerita yang baik, cerita menjadi jauh lebih luas, konflik menjadi semakin kental, dan ketegangan serta emosi yang disajikan bakal membuat penontonnya menangis berkali-kali sepanjang film berlangsung.

Terlebih, film ini tidak sepenuhnya menguras air mata. Ada momen-momen komedik yang disajikan dengan porsi yang pas lewat karakter Dewa yang diperankan oleh Dewa Dayana, aktor pendatang baru berumur 17 tahun yang juga merupakan seorang anak dari Gusti Randa dan Nia Paramitha.


Di film ini, Dewa menjadi satu-satunya tokoh yang mampu melihat keberadaan jiwa Ali. Karena itu, bisa dibilang peran yang harus ia lakukan cukup menantang, karena ia menjadi satu-satunya perantara Ali di dunia nyata.

Untungnya tidak hanya Dewa Dayana mampu memberikan penampilan terbaiknya, namun chemistry yang tercipta antara Ali dan Dewa membawa kehangatan tersendiri yang bersumber dari persahabatan di dalam film ini.

Dengan nafas cinta yang dihembuskan secara indah lewat akhir kisahnya yang manis, Asal Kau Bahagia cocok untuk menjadi film pembuka di awal tahun 2019 yang baik ini.

Judul film: Asal Kau Bahagia
Sutradara: Rako Prijanto
Pemeran: Aliando Syarief, Aurora Ribero, Dewa Dayana dan ramai lagi
Skor: 8/10

Oleh: Tommy Pranama