Bagaikan gledek di siang bolong, bencana pun bisa datang tiba-tiba tanpa ada pemberitahuan lebih dulu. Tahun 2018 ini pun banyak dipenuhi dengan kabar buruk dan sangat tidak mengenakkan untuk masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Ada sejumlah bencana alam yang menelan korban jiwa, ada pula bencana kematian yang buat dunia menangis. Berikut sejumlah bencana alam dan kabar buruk dalam dunia seni yang terjadi di tahun 2018.

Tsunami Selat Sunda



Tidak ada siapapun yang akan menyangka 22 Desember 2018 akan menjadi sebuah lagi mimpi buruk Indonesia khususnya, pemusik lokal khususnya dan dunia amnya apabila Tsunami Selat Sunda mengorbankan ratusan jiwa dalam sebuah fenomena langka berkaitan tsunami.

Berbanding disusuli gempa yang besar, tsunami yang mendampak 312.78 kilometer (km) panjang pantai itu dimungkinkan akibat longsor bawah laut karena pengaruh dari erupsi Gunung Anak Krakatau.

Tercatat sehingga kini sebanyak 426 korban dampak tsunami dengan korban luka-luka sebanyak 7.202 orang dan 23 orang masih dinyatakan hilang. Sebanyak 40.386 orang pula kini perlu mengungsi.

Dan dalam ratusan korban itu termasuklah tiga bandmate Seventeen iaitu Muhammad Awal Purbani atau Bani (bassist), Andi sang penabuk drum dan Herman Sikumbang(gitar). Turut terkorban adalah Ujang dan Oki yang juga tulang belakang band tersebut.

Menyisakan hanya vokalisnya, Ifan masih bernyawa, namun dia sendiri kehilangan istri tercinta, Dylan Sahara yang terkorban.

Waktu itu, Seventeen tengah manggung di Tanjung Lesung Beach Resort untuk mengisi Family Gathering PT PLN Persero.

Tidak hanya Seventeen, komedian Heriyanto atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Aa Jimmy bersama istri dan dua daripada tiga anaknya juga disapu tsunami serta istri komedian Ade Jigo turut meninggal dunia pasca tsunami Selat Sunda.

Gempa Palu dan Donggala



Indonesia kembali menangis pada tanggal 28 September 2018 silam lantaran gempa besar berkekuatan magnitude 6 mengguncang kota Palu dan kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Bencana yang terjadi di siang hari itu pun tidak tanggung-tanggung menewaskan hingga ratusan jiwa. Bencana alam besar ini pun sempat mengundang simpati dari mancanegara. Banyak komunitas peduli bencana yang langsung memberikan banyak ucapan belasungkawa dan bantuan sosial untuk kejadian ini.

Pesawat Lion Air Pangkal Pinang Jatuh



Masih dari dalam negeri. Kali ini pesawat Lion Air JT 610 yang menjadi korbannya. Belum lama lepas landas dari bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, pesawat naas itu mengalami kecelakaan dan jatuh di laut Jawa.

Tidak ada satu penumpang yang selamat pada kecelakaan tersebut, bahkan tidak semua korban yang ada di dalam pesawat tidak bisa ditemukan. Bencana ini jadi tamparan keras untuk sistem transportasi di Indonesia yang masih perlu banyak perbaikan.

Kronologinya, pesawat ini hilang dari radar 13 menit setelah lepas landas dari Bandara Soekarno - Hatta, Jakarta pada 29 Oktober 2018. Sebanyak 189 penumpang dan awak pesawat, tewas.

Meninggalnya Stan Lee



Nama Stan Lee sangat populer di kebudayaan pop, khususnya dunia komik superhero. Sejumlah superheropun lahir dari tangannya, termasuk Spider-Man, Iron Man, dan Hulk. Bukan hanya membuatnya, Stan Lee pun cukup aktif dan banyak membantu para karakter tersebut dalam dunia Marvel di layar lebar atau yang sering disebut "Marvel Cinematic Universe".

Kabar duka tersebut terjadi pada 12 November 2018 dan sontak buat para pemeran superhero di Marvel Cinematic Universe kompak mengucapkan belasungkawa.

“Bapak Spongebob” Stephen Hillenburg Tutup Usia

Spongebob Squarepants juga merupakan karakter ikonis yang muncul pertama kali di televisi pada 1 Mei 1999. Sudah lebih dari 240 episode ditambah dengan beberapa beberapa movie. Bukan hanya untuk penonton Amerika saja, animasi Spongebob Squarepants pun sudah dialihbahasakan ke dalam banyak bahasa di dunia, termasuk Indonesia.

Namun, kabar duka pun datang di penghujung tahun 2018 karena kreatornya, Stephen Hillenburg, tutup usia pada 27 November 2018. Hal ini mungkin menyebabkan tidak akan ada episode baru lagi dari animasi Spongebob Squarepants.

Gading Martin dan Gisella Anastasia Cerai



Kabar buruk yang muncul di akhir tahun 2018 ini adalah perceraian pasangan Gading Marten dan Gisella Anastasia. Sebenarnya, banyak perceraian artis Indonesia yang terjadi, tapi kasus ini yang paling banyak menyita perhatian.

Selama ini, mereka berdua selalu tampak rukun dan mesra, tampak tidak ada masalah. Bukan hanya karena Gading dan Gisella harus pisah, mereka pun harus mengorbankan anaknya yang masih berusia 3 tahun. Tak heran, warna net banyak yang sedih dengan perceraian ini.

Itu dia tadi kabar-kabar duka yang muncul di tahun 2018 ini. Semua bencana pasti membawa kesedihan, khususnya buat mereka yang ditinggalkan.

Oleh: Ade Irawan