Biar kemarin Kangin sebab membuat banyak pengemar Super Junior berduka dengan kabar mengejut penggunduran dirinya dari boyband tersebut, namun hari ini sebahagian pengemar mereka sedang menanti detik bersejarah ini.

Pasalnya, Super Junior sebagai boyband asal Korea Selatan kembali mencetak sejarah. Pelantun Sorry, Sorry itu menjadi boyband K-Pop pertama yang akan menggelar konser solo di Arab Saudi.

Pihak SM Entertainment selaku manajemen yang menaungi Super Junior juga telah memberikan konfirmasi mengenai hal tersebut. Konser yang bertajuk
Super Show 7S itu akan dilangsungkan pada 12 Juli 2019 pukul 07.00 malam waktu setempat di King Abdullah Sports City, Jeddah.

Dalam konsernya kali ini, ada beberapa fakta menarik dari konser pertama Super Junior di negara Arab Saudi. Berikut beberapa fakta yang wajib kamu ketahui!

1. Menjadi musisi Asia pertama yang tampil di King Abdullah Sports City



Arab Saudi selama ini dikenal sebagai negara yang kental dengan keislamannya. Jarang sekali ada pemberitaan tentang konser musik di negara Islam tersebut apalagi dengan skala besar. Namun, sepertinya Arab Saudi benar-benar membuka diri untuk dunia musik belakangan ini.

Konser Super Junior pun seakan menjadi bukti kalau popularitas genre musik di salah satu Negara Timur Tengah itu telah meningkat.

Bukan hanya menjadi boyband K-Pop pertama yang menggelar konser di Arab Saudi, Super Junior juga menjadi musisi Asia pertama yang tampil di King Abdullah Sports City.

Menurut pengakuan pihak SM Entertainment, sebelum Super Junior, baru ada Mariah Carey dan Andrea Bocelli yang tampil di tempat itu. Konser mereka pun tidak digelar besar-besaran.

2. Super Junior akan tampil sebanyak dua kali

#SuperJuniorinKSA @superjunior arrival in Jeddah ?? . . Cr. HebaHappiness #ArabELF #SS7SinJeddah #SuperJunior #슈퍼주니어 #엘프 #ELF #everlastingfriends #leeteuk #이특 #heechul #희철 #yesung #예성 #shindong #신동 #eunhyuk #은혁 #siwon #시원 #donghae #동해 #ryeowook #려욱 #kyuhyun #규현 #LabelSJ

A post shared by ? Lee Donghae 이동해 ? (@haeren99_) on

Tak tanggung-tanggung, boyband yang kini beranggotakan delapan orang ini akan tampil di Arab Saudi sebanyak dua kali. Super Junior juga dijadwalkan untuk tampil di Jeddah Season Festival pada keesokan harinya, Sabtu 13 Juli 2019.

Dengan format Super Junior KRY dan D & E, mereka siap menghibur masyarakat Arab Saudi. Super Junior KRY sendiri merupakan subunit yang beranggotakan tiga orang yang posisinya sebagai main vocal yaitu Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung, sedangkan D & E beranggotakan Donghae dan Eunhyuk.

Jeddah Season Festival tak hanya menghadirkan Super Junior KRY tapi juga mendatangkan sederet penyanyi internasional seperti Liam Payne, dan DJ Steve Aoki.

Festival hiburan tersebut sebenarnya merupakan program pemerintah Arab Saudi dalam memajukan sektor pariwisata. Acara yang digelar selama 41 hari ini akan disemarakkan dengan berbagai penampilan musisi top di wilayah Arab Saudi serta kegiatan menarik lainnya.

3. Tujuan diselenggarakannya konser Super Show 7S

Berdasarkan pernyataan dari pihak SM Entertainment, kedatangan Super Junior ke Arab Saudi bukan hanya untuk menyapa ELF (sebutan fans Super Junior) semata, melainkan erat kaitannya dengan hubungan bilateral antara Korea Selatan dan Arab Saudi.

Baru-baru ini, putra mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman melakukan kunjungan ke Negeri Ginseng.

Diharapkan konser Super Show 7S dapat mempererat hubungan kedua bangsa melalui ranah budaya. Kalau sudah begini, pasti kamu berharap akan ada konser-konser dari boyband Korea lagi dalam waktu dekat. Ya, siapa tahu ada konser dari musisi Indonesia yang juga diadakan di sana, kan.

4. Julukan ‘King Hallyu’ untuk Super Junior



Berkarier selama 14 tahun di dunia K-Pop, Super Junior memang bisa dibilang jadi salah satu boyband yang mampu mempertahankan eksistensinya di dunia musik global. Super Junior pun selalu konsisten dalam mengeluarkan album. Tercatat ada delapan album berbahasa Korea dan dua album berbahasa Jepang yang telah diluncurkan sejak tahun 2005 hingga 2017.

Beberapa lagunya pun sangat populer di berbagai negara. Sebut saja lagu Sorry, Sorry yang pernah merajai chart album di sejumlah negara, Bonamana yang albumnya sangat laris manis di pasaran dan Mr. Simple yang juga tak kalah populer. Atas semua prestasinya tersebut ditambah dengan keberhasilan konser perdana mereka di Arab Saudi, tak heran kalau Super Junior layak dinobatkan sebagai Hallyu King.

5. Timbul pro-kontra atas berlangsungnya konser Super Junior

Kabar konser Super Junior di Arab Saudi tentu langsung mengejutkan publik. Netizen di media sosial Twitter pun dibuat heboh. Ada yang memberikan selamat kepada ELF Arab karena berhasil mendatangnya Super Junior ke Jeddah, tapi ada juga orang yang memberikan respons tak biasa dengan mengatakan kalau Super Junior tak seharusnya tampil di Negara Islam.

Itu dia sejumlah fakta tentang konser perdana Super Junior di Arab Saudi. ELF, apakah kamu tertarik terbang ke Jeddah untuk jadi bagian dari sejarah K-Pop di Arab Saudi?

Instagram: @hereysung, @haeren99_, @superjunior.labelsj

Oleh: Ade K Irawan