Diketahui Via Vallen kini dalam rangka menunaikan ibadah umroh. Sejak beberapa hari lalu pelantun lagu Sayang itu berkongsi perjalanannya di kota Suci Mekah.

Namun, video yang dimuat naiknya hari Minggu semalam menarik perhatian warganet kerana perkongsian yang ditulis pada ruangan kapsyennya.

Via Vallen pada waktu ini sedang berada di Palestina. Dalam video tersebut, Via Vallen bersama rombongan tampak bertemu dengan bocah penjual agar-agar.

Apa yang menyorot perhatian ialah Via Vallen mengaku kalau tindakan bocah itu punya usaha menjual mengingatkan pada masa lampaunya.

Penyanyi itu mengaku dia jadi inget kalau dulu waktu kecil, jika pengen punya sesuatu, dia akan ke lampu merah dulu, ngamen atau jualan koran.

Kalo ga gitu aku ke tempat tetangga menawarkan jasa (disuruh beli apa kek di warung ) terus dikasih imbalan. Setidaknya berusa sekecil apapun itu lebih baik dari pada harus meminta minta sama orang lain),” tulisnya.



Dalam postingnya yang disifatkan sebagai berbagi pengalaman di Palestina, Via Vallen bercerita mengenai kisah perjalanan dari hotel ke Masjidil Aqsa.

Dia menulis: “ Setiap kita mau ke masjidil aqsa, dari hotel kita mesti jalan kaki melewati gang kecil yang jalannya menanjak kurang lebih 1 kilo meter an.

“Di gang kecil itu isinya rumah2 penduduk palestina dan banyak yang buka toko di situ (tapi tetepp yaaa di gang itu di jaga sama tentara israel.) Aku sering lihat anak ini di gang itu tapi aku nggak tau kalo anak ini jualan agar2. Sampe akhirnya waktu kita keluar dari toko, anak ini ngasih isyarat jari telunjuk nyuruh kita beli 1
.

“Akhirnya kita balik mundur ke tempat anak ini, dan kita beli 5 karena kita berlima. Tapi sama anak ini kita di kasi 6. Harganya 2 shekel (fyi : shekel itu mata uang israel). Totalnya 12 shekel, kita kasi 20 shekel, begitu diambil uangnya dengan polosnya langsung di tutupin sama anak ini.”

Dalam perkongsiannya itu juga, Via Vallen kemudian membuat satu kesimpulan iaitu pelajaran waktu di Masjidil Aqsa banyak orang dewasa minta-mintaa, tapi bocah yang ditemuinya bukannya minta-minta juga tapi masih mau berjualan.

Instagram: Via Vallen

Oleh: Maliah Surip