Kabar duka buat penggemar seri anime Doraemon berbahasa Indonesia. Pengisi suara pertama
karakter Shizuka, Prabawati Sukarta dikabarkan meninggal dunia pada usia 64 tahun.

Adalah kabar itu diumumkan oleh mendiang anaknya, Ady Aiman lewat akun Instagram Komunitas Indonesian Voice Talent mengabarkan melalui akun Instagram mereka, Kamis (17/6).

Prabawati dikabarkan meninggal dunia pada Senin (15/6).

"Innalillahi wa innailaihirojiun. Kabar duka datang dari keluarga besar Radio Republik Indoneisa (RRI). Salah satu penyiar RRI era 1980an bernama Prabawati Sukarta meninggal dunia," ucap Indonesian Voice Talent dalam unggahan di akun mereka yang menyertakan foto Prabawati.



Keterangan itu juga memberi informasi Prabawati Sukarta merupakan penyiar pada RRI Jakarta. Ia menjadi sosok pertama yang memerankan suara Shizuka kala rilis di Indonesia.

Shizuka Minamoto merupakan salah satu karakter utama dan pertama dalam seri manga dan anime Doraemon ciptaan Fujiko Fujio.

Ia adalah teman sejak kecil dan perempuan idaman dari Nobita Nobi, sahabat dari Doraemon.

"Ia juga sebagai salah satu pengisi suara (dubber) tokoh kartun, Shizuka pada film serial Doraemon," lanjut pernyataan tersebut.

Kemudian pada 2006, peran Prabawati diganti oleh Nurul Ulfah hingga 2008 dan dilanjutkan oleh Merysha Chandra.

Setelah itu, Jessy Milianty melanjutkan peran karakter perempuan idaman Nobita tersebut. Namun untuk film Doraemon terakhir kali, Stand by Me, karakter Shizuka diisi suaranya dalam versi Indonesia oleh Nurul Ulfa.

Doraemon sendiri diketahui pertama kali rilis di Indonesia sejak dekade 90-an.

Kredit Foto: Kaori Nusantara

Oleh: Maliah Surip