11 tahun, 21 film, 26 pahlawan super. Marvel Studios dipimpin Kevin Feige berhasil membangun semesta fiksi bernama Marvel Cinematic Universe (MCU) yang berpengaruh sangat besar terhadap budaya menonton bioskop bagi seluruh masyarakat dunia.

Setelah separuh dari para Avengers (nama kumpulan para pahlawan super tersebut) dan seluruh populasi alam semesta musnah menjadi debu karena jentikan jari Thanos, kini semua akan berhadapan pada penyelesaiannya lewat film berdurasi 3 jam yang berjudul Avengers: Endgame.

Sulit untuk mengulas film ini tanpa mengungkapkan spoiler apapun. Setiap momen yang ditampilkan adalah sebuah kejutan yang tak pernah diperkirakan sebelumnya. Avengers: Infinity War telah membuat banyak orang berspekulasi tentang bagaimana caranya para pahlawan super ini akan memenangkan pertarungan melawan si Raksasa Ungu bernama Thanos tersebut, namun semua teori meleset. Beberapa di antaranya hampir menyentuh permukaan, tapi tidak ada yang 100% benar.



Lebih dari sekadar menampik harapan penggemar, Avengers: Endgamemelampaui ekspektasi dan memeras air mata penonton dengan menyajikan gabungan antara nostalgia, resolusi, dan perpisahan.

Nostalgia dibangkitkan kembali lewat adegan-adegan yang menghadirkan kembali tribute terhadap film-film MCU sebelumnya seperti The Avengers, Captain America: The Winter Soldier, Thor: The Dark World, dan Guardians of the Galaxy.

Resolusi diberikan lewat adegan pertarungan terakhir melawan Thanos dengan tingkat ketegangan dan epicness yang belum pernah kita temukan di film-film MCU terdahulu. Terlebih, beberapa tokoh seperti Captain America, Thor, dan Hulk mendapatkan akhir yang manis dan setimpal dengan perjuangan mereka membentuk Tim Avengers sedari awal.


Perpisahan merupakan salah satu unsur paling emosional di dalam film ini. Seperti yang telah dikabarkan oleh kakak beradik Russo yang menyutradarai Avengers: Endgame, ada beberapa tokoh yang akan mengucapkan selamat tinggal baik di pertengahan maupun akhir film ini. Momen-momen tersebut, meskipun sudah diduga, namun tetap dihadirkan lewat skenario serta dialog yang sukses menguras air mata dan mematahkan hati.

Pujian layak diberikan kepada Chris Evans, Robert Downey Jr., Tom Holland, Scarlett Johansson, Jeremy Renner, dan seluruh aktor yang terlibat di dalam film ini karena telah berhasil memikat hati para penonton sehingga mampu secara emosional terlibat dalam saga yang menjungkirbalikkan emosi.


Tayang secara serentak di seluruh dunia pada 24 April 2019 kemarin, Avengers: Endgame berhasil meraup pendapatan sebesar USD1,2 miliar di seluruh dunia hanya dalam waktu lima hari. Meraih skor 96% di RottenTomatoes dari sebanyak 393 ulasan kritikus, film ini terbukti memberikan konklusi yang spektakuler bagi seluruh pecinta film-film MCU.

Maka dari itu, persiapkanlah tissue atau bawa sapu tangan kalian sendiri sebelum memasuki bioskop dan menonton film ini, karena kalian dijamin bakal menangis lebih dari enam kali di film ini.

Rating: 3000/5

Kredit Foto: Marvel
Oleh: Tommy Pranama