Novelis prolifik, Andrea Hirata kembali membagikan karya terbarunya. Setelah sukses dengan novel Orang-Orang Biasa (2019), kini ia kembali menyapa para pembaca melalui karya terbaru yang bertajuk Guru Aini.

Menurut Andrea, ini adalah pertama kalinya ia mengambik latar cerita mengikut perspektif seorang guru. Ia pun menamakan 'pemeran' utamanya sebagai Desi, guru yang mengajar matematika di daerah pelosok.

Penulis yang memulai debutnya dengan Laskar Pelangi itu menceritakan Desi memiliki obsesi dan idealisme besar untuk menemukan seorang murid genius matematika. Ternyata matematika justru menjadi sumber stres bagi Desi.

"Apalagi ketika Bu Desi bertemu Aini, seorang anak dengan daya tangkap yang rendah dengan matematika, tetapi memiliki daya juang yang tinggi," kata Andrea.

Andrea juga mengatakan mengapa mengangkat subjek matematika di novelnya kali ini adalah karena banyak yang menyerah sebelum menyelesaikan materi yang diberikan.

"Jadi (Di dalam buku) Bu Desi bilang 'matematika untuk anak yang pemberani. Kalau bicara matematika, banyak yang menyerah sebelum bertanding'," ujarnya saat ditemui pers belum lama ini.

Untuk menggarap Guru Aini, Andrea mengambil masa selama dua tahun sementara dua minggu dibutuhkan buat ia menuangkannya dalam sebuah tulisan.

Malah ia mengaku menuliskan novel ke 11nya ini adalah tantangan paling besar karena mengangkat terminologi, akurasi dalam bahasa novel sedangnya ia juga tidak pernah mengajarkan Matetika selain hanya menjadi seorang murid kepada subjek ini.

"Saya minta maaf dulu buat para guru yang mungkin akan membaca buku ini karena ada yang tidak akurat," kata Andrea.

Kredit Foto: Grid.id

Oleh: Maliah Surip