Pemilik channel Youtube Hikmah Kehidupan yang menjadi dalang dibalik berita hoax dan menuding usaha Ruben Onsu menggunakan pesugihan akhirnya meminta maaf secara langsung.

Permintaan maaf tersebut dikatakan Ruben Onsu belum ingin ditanggapinya dan menunggu arahan kuasa hukumnya, Minola Sebayang.

"Dia (Minola) bilang belum tuntas, entar saja. Kalau sudah tuntas baru. Jadi biar ngomongnya enggak dua kali. Kalau saya ngikutin arahan dari pengacara saja," ujar Ruben Onsu di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (14/11).

Ruben menegaskan, kendati pelaku sudah meminta maaf bukan berarti proses hukum langsung berhenti. Menurutnya, ia sudah dirugikan dan terlanjur kecewa berat.

"Karena prosesnya kan kita sudah ke jalur hukum, jadi ikutin arahan kuasa hukum. Entah endingnya seperti apa, ya ikutin arahan saja. Kalau saya mah sudah enggak ada rasa gimana. Saya sudah luapkan bagaimana kemarahan saya, selesai," jelas Ruben Onsu.

Bagi Ruben, efek jera harus diberikan kepada siapapun yang menuduhnya tanpa alasan mendasar. Soal memaafkan, Ruben mengatakan sudah memaafkan hal tersebut.

"Kalau dari saya iya, memberikan efek jera. Kalau dari hati saya memaafkan, sudah memaafkan. Tapi ini harus ada efek jera, bagaimana tindakan yang kalian lakukan.

"Nantikan bang Minola akan menjelaskan, apa saja kerugian yang secara pribadi saya dan perusahaan itu mengalaminya, nanti akan dijelaskan," tandas Ruben Onsu.

Oleh: Syba