Penyulih suara karakter Minnie Mouse, Russi Taylor dilaporkan telah meninggal dunia di usia 75 tahun di Glendale, California pada Jumat (26/7/2019).

Kabar duka itu disampaikan oleh Bob Iger, bos The Walt Disney Company dalam sebuah pernyataan resmi pada Sabtu (27/7/2019) tanpa menyebut punca kematiannya.

Taylor yang menyulih suara Minnie Mouse selama lebih dari tiga dekade itu telah menjadi ikon global bagi Disney.

Sayangnya, gaya tawa terkikik genit khas Minnie kini tidak lagi bisa didengari melainkan apa yang telah dirakam sejak 30 tahun lalu dan disiarkan di seriel kartun di televisi, film serta taman hiburan.



"Minnie Mouse kehilangan suara dengan berpulangnya Russi Taylor. Selama lebih dari 30 tahun, Minnie dan Russi bekerja bersama untuk menghibur jutaan orang di seluruh dunia, sebuah hubungan yang membuat Minnie menjadi ikon global dan Russi sebagai legenda Disney yang dicintai penggemar.

"Kami lega mengetahui bahwa karyanya akan terus menghibur dan menginspirasi generasi mendatang,"" ucap Bob Iger dalam pernyataan resmi tersebut.

Taylor dipilih oleh Disney dalam sebuah audisi pada tahun 1986. Namun dirinya memulakan karier sebagai voiceover sejak tahun 1944 di iklan Toys R Us dan selain sinonim sebagai penyulih suara resmi Minnie, dia juga menjadi penyulih suara di Strawberry Shotcake.

Kredit Foto: AFP, Getty Images

Oleh: Maliah Surip