Memasuki tahun 2020, pengkarya film masih menghasilkan banyak film berpotensi yang masih akan menarik perhatian audiens.

Buat penggemar film, berikut beberapa karya yang tidak bisa kalian lewatkan tayangannya di tahun ini. Ayuh, catat di kalender tanggal tayangan film film hebat ini.

1. Ejen Ali: The Movie



Ejen Ali: The Movie adalah sebuah film animasi yang cukup fenomena dari negara jiran, Malaysia yang sudah mula ditayangkan di segelintir bioskop di Indonesia sejak tanggal 1 Januari 2020.

Film animasi rilisan Wau Animation dan Primeworks Studios ini diproduksi dengan biaya 6,5 juta ringgit Malaysia, Ejen Ali: The Movie beroleh pendapatan kotor 25 juta ringgit Malaysia atau sekitar 82,5 miliar rupiah.

Ejen Ali: The Movie menceritakan Ali, anak berusia 12 tahun yang direkrut sebagai mata-mata dan memiliki peran di lembaga rahasia Meta Advance Tactical Agency atau MATA. Dalam prosesnya, Ali ditugasi melindungi kota Cyberaya.

2. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)



Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) adalah sebuah film yang diangkat dari buku best seller dari karya Marchella FP.

Film garapan sutradara Angga Dwimas Sasongko ini mula menyapa audiens di bioskop bermula hari ini (2 Januari 2020).

Film produksi ke-13 dari Visinema Pictures ini dibintangi oleh deretan nama aktor kenamaan seperti Rachel Amanda, Rio Dewanto, Sheila Dara, Donny Damara, Susan Bachtiar, Chicco Jerikho dan banyak lagi.

NKCTHI mengisahkan tentang sebuah keluarga yang memiliki rahasia besar dengan menyelami kehidupan Angkasa (Rio Dewanto), Aurora (Sheila Dara) dan Awan (Rachel Amanda), kakak beradik yang hidup dalam keluarga yang tampak bahagia. Namun sebenarnya ada banyak rahasia dan trauma (luka) besar dalam keluarga mereka yang akhirnya terungkap.

3. Abracadabra



Film Abracadabra yang akan menjengah bioskop pada 9 Januari 2020 adalah sebuah film bergenre fantasi yang siap memberi warna baru di dunia perfilman nasional.

Dibintangi oleh Reza Rahadian sebagai pemeran utamanya, Lukman, grandmaster sulap yang tidak percaya pada keajaiban, Abracadabra disutradarai oleh Faozan Rizal.

Abracadabra bermula dengan Lukman mencoba membuat seorang bocah lelaki menghilang.
Pertunjukan itu berubah tragis, karena dia tidak bisa membuat bocah ini kembali ke panggung.

Beberapa pesulap kota terkenal ikut datang menyaksikan pertunjukkan itu. Bahkan mereka mencoba untuk membantu pesulap itu.

Namun entah mengapa anak itu menghilang seperti kabut. Banyak orang bertanya kepadanya, bagaimana dia melakukannya. Serta trik dan teknik apa yang pesulap itu gunakan.
Satu-satunya yang bisa dia katakan adalah ia membeli kotak ajaib itu dari ebay.

Ternyata kotak tersebut memiliki sejarah tersendiri.

4. Ashfall



Usai dirilis di Korea pada 19 Desember lalu, film Ashfall yang sempat menguasai puncak box office negara tersebut akan rilis di Indonesia pada 8 Januari 2020

Ashfall menceritakan perjuangan sekelompok tim untuk menghentikan letusan Gunung Baekdu yang sakral bagi masyarakat Korea.

Gunung berapi yang berada di perbatasan China dan Korea Utara tersebut merupakan gunung keramat bagi masyarakat Korea dan meyakini bahwa bila kaldera di puncak gunung meletus, maka Semenanjung Korea akan hancur.

Gunung itu pun tiba-tiba menunjukkan aktivitas setelah terakhir kali meletus pada 946 yang menjadi salah satu letusan terbesar dan paling merusak dalam lima ribu tahun terakhir.

Guna menghentikan letusan tersebut, Pemerintah Korea Selatan nekat mengirim sekelompok tim penjinak bom dipimpin oleh Jo In-chang yang diperankan oleh Ha Jung-woo, peneliti vulkanologi Kang Bong-rae yang diperankan Ma Dong-seok, dan kemudian dibantu oleh anggota pemerintah Korea Utara Lee Joon-pyeong yang diperankan oleh Lee Byung-hun.

5. Si Doel The Movie



Trilogi Si Doel The Movie adalah film yang diangkat dari sinetron legendaris tahun 1990an, Si Doel Anak Sekolahan.

Film yang dijadwal tayang pada 23 Januari 2020 ini akhirnya menyaksikan Doel akan memilih siapa yang menjadi pendamping hidupnya, sama ada Zaenab (Maudy Koesnaedi) atau Sarah (Cornelia Agatha).

Kali ini film tersebut menceritakan kegembiraan tercurah kepada keluarga Doel (Rano Karno) saat Sarah kembali ke Jakarta. Tidak hanya sendiri, Sarah juga pulang bersama Dul (Rey Bong). Walaupun ada kebahagiaan, tetap saja, kepulangan Sarah akan kembali menyeret Zaenab dan Doel ke dalam ombak cinta segitiga.

Zaenab yang positif hamil berada dalam kebimbangan. Dia masih trauma pernah kehilangan buah hati di masa lalu. Belum selesai kebimbangan itu, Zaenab kini harus memilih antara tetap berada di sisi Doel, atau merelakannya demi menyatukan kembali sebuah keluarga.

Sarah juga tidak kalah pelik keadaannya. Dia harus memutuskan apakah akan mantap bercerai dengan Doel atau rujuk kembali demi Dul si buah hatinya. Waktu yang semakin mendesak membuat Doel harus cepat memutuskan ke mana hati dan raga seutuhnya berlabuh.

Kredit Foto: Gatra, IMDb, Kompas.com, Tribunenewswiki

Oleh: Maliah Surip