Siapa yang tidak mau ke Makassar? Daerah dengan pisang epe dan cotonya ini memang seringkali menarik pengunjung karena ciri khas yang dimilikinya. Lokasi wisata mulai dari pantai hingga daerah bersejarah ada di Makassar. Bahkan, wisata kulinernya pun juga sangat menggoda.

Namun, jangan salah! Liburan ke Makassar yang penuh dengan kuliner lezat ini tidak harus mahal. Apabila paham betul dengan tips dan triknya, liburan di Makassar bisa sangat ramah anggaran namun tetap menyenangkan dan nyaman. Ingin tahu tipsnya? Simak poin-poin berikut ini!

Menginaplah di hotel/pod murah

Hotel di Makassar sangat variatif. Kita bisa menemukan hotel mewah dengan harga dan fasilitas tingkat tinggi maupun hotel murah yang tetap nyaman. Apabila ingin menghemat anggaran penginapan, kita bisa memilih guest house atau pod-pod murah yang menyediakan ruangan kecil untuk satu orang atau berbagi ruang dengan tamu lainnya. Anda tidak perlu khawatir! Meski kecil dan hanya terdiri dari perabot sederhana, penginapan murah ini tetap memegang standar kualitas yang baik.

Pelajari rute pete-pete untuk akomodasi transportasi murah

Pete-pete adalah angkutan umum yang cukup sering digunakan di Makassar. Berwarna biru muda dan berbentuk seperti angkot, transportasi ini memberikan akomodasi yang menyenangkan bagi kita berkendara dengan harga yang tergolong sangat murah. Pete-pete juga bisa membuat kita berbaur dengan warga lokal di Makassar sembari menunggu ketibaan di lokasi tujuan.

Untuk bisa memanfaatkan pete-pete ini, ada baiknya kita mencari tahu terlebih dahulu rute-rutenya. Hal ini tentu sangat penting agar kita tidak salah masuk dan malah tersesat. Jangan khawatir! Penjelasan rute pete-pete ini sudah bisa kita akses di internet secara bebas.

Mengunjungi Pantai Losari menjadi hal wajib

Hal yang paling khas dari wisatawan di Makassar adalah berfoto bersama di depan tulisan ‘Pantai Losari’. Kita pun tidak boleh kalah. Pastikan untuk mengunjungi Pantai Losari yang menjadi salah satu ikon Makassar. Namun, jangan hanya berfoto.

Datanglah di sore hari untuk melihat matahari tenggelam di sana sebelum dilanjutkan dengan menaiki perahu bebek di malam hari yang romantis. Selain itu, di pantai tersebut pun juga terdapat toko-toko yang menghidangkan minuman-minuman khas Makassar yang menyegarkan. Pastikan untuk mencobanya, ya!

Kunjungi Benteng Rotterdam untuk mempelajari sejarah Makassar

Berlibur di sebuah kota baru tentu harus mempelajari sejarah kotanya juga. Karena itu, jangan lupakan Benteng Rotterdam apabila kita berkunjung ke Makassar. Benteng peninggalan Kesultanan Gowa ini berdiri megah di antara benteng-benteng lain di Makassar. Bila berkunjung ke sini, kita bukan hanya bisa berfoto namun mempelajari Makassar dengan lebih dalam. Liburan dapat, ilmu baru pun juga dapat.

Wajib cicipi Coto Makassar, Konro, Pisang Epe, dan Es Palu Butung

Makassar juga terkenal dengan kuliner khasnya dan kita harus mencobanya. Sembari berlibur di Makassar, wajib sekali bagi kita untuk mencicipi coto, konro, pisang epe, dan es palu butung langsung dari lokasi asalnya. Bukan saja rasanya yang lezat, kita pun bisa merasakan keaslian langsung dari daerah Makassar itu sendiri.

Nah, apa lagi yang ditunggu? Segera kemasi barang-barang dan berkunjunglah ke Makassar! Dengan tips di atas, kita bisa kunjungi Makassar dengan leluasa dan senang tanpa harus pusing memikirkan isi dompet yang tidak kunjung menjadi tebal.

Kredit Foto: makassarterkini.id, cookpad.com, kompasiana.com

Oleh: Rahina Adani