Sempat diprotes tayangannya oleh sekelompok massa di Makassar, Sulawesi Selatan pada 28/2/2019, ternyata film Dilan 1991 malah mencetak rekor baru dunia perfilman di Indonesia.

Dilan 1991 menjadi film tempatan pertama yang mendapat penayangan di 791 layar pada hari perdana tayangannya di seluruh bioskop di Indonesia. Ia malah menjadi yang pertamanya sebagai film Indonesia pertama diberi 'penghormatan' tersebut.

Produser Max Pictures, Ody Mulya mengungkapkan rasa terima kasih terhadap kesempatan dan dukungan yang begitu besar diberikan terhadap Dilan 1991.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung film Indonesia dan Dilan 1991. Semoga ini menjadi sebuah tahapan baru untuk film Indonesia,” ujar Ody Mulya dalam keterangannya kepada wartawan, seperti yang dikutip dari Liputan6.com pada Kamis (28/2/2019).

Turut berasa gembira adalah Vanesha Presscilla, sang pemeran utama Dilan 1991. 'Milea' itu mengungkapkan: "Semoga, pecinta film Indonesia terus mendukung filmDilan 1991, dan puas dengan penayangannya."



Sebelumnya, sekelompok massa yang mengaku sebagai mahasiswa sempat menggelar protes dan mengancam untuk menutup jalan jika Dilan 1991 masih akan ditayangkan di bioskop di Makassar.

Mereka beralasan, film yang dibikin berdasarkan Dilan Bagian Kedua: Dia adalah Dilanku Tahun 1991 oleh Pidi Baiq dan telah mencetak fenomenal dengan Dilan 1990 pada tahun lalu itu mampu mendorong pelajar menjadi rebel dan mengundang nafsu.

Namun Ody membantah karena Dilan 1991 yang dimainkan oleh Iqbaal Ramadhan sebagai Dilan itu sudah mendapat status lolos sensor dari LSF.

Sumber: Liputan6.com
Instagram: Dilan 1991

Oleh: Maliah Surip