Konsert Dewa 19 Reunion Live In Malaysia yang berlangsung hari ini (Sabtu, 2/2/2019) pun harus berlangsung tanpa pengasasnya, Ahmad Dhani.

Biar ia pada asalnya direncana sebagai sebuah konser reuni yang menggabungkan semula formasi asal Dewa 19 termasuk Tyo, Agung dan dua mantan vokalis, Ari Lasso dan Once bersama Ahmad Dhani, Andra dan Yuke, namun mereka harus akur.

Rencana itu gagal dilaksana apabila Dhani kini mendekam di penjara, tepatnya di Rutan Cipinang setelah divonis 1,5 tahun hukuman karena kasus ujaran kebencian.

Ari Lasso yang ditemui GempakID di Stadium Malawati, Shah Alam, Selangor, mengaku ia sebagai sebuah musibah yang tidak disangkakan.



“Ini sebuah musibah (penahanan Dhani) yang tidak disangkakan dan tidak dapat dihindar. Tapi kami sepakat untuk datang semuanya karena tidak mau mengecewakan Baladewa dan Baladewi,” ujar Ari.

Pun tidak dipungkiri, ungkap Ari yang merupakan vokalis Dewa 19 sebelum Once, ketiadaan Dhani dalam konser tersebut pasti tidak lengkap.

Imbuh Dhani: “Pasti ada yang kecewa karena ketiadaan Dhani. Dhani adalah salah satu unsur terpenting di Dewa 19 tapi ini keadaannya, jadi kita teruskan.”

Ujar pria berusia 46 tahun itu lagi, sebagai orang dewasa dan punya tanggungjawab yang perlu dijalani, berat atau tidak mengambil keputusan meneruskan konser tanpa Dhani bukan pokok utama.

“Kita semua sudah dewasa ya, apa yang harus jadi tanggungjawab walau apapun risikonya, kita jalani.

“Saat langsung tahu Dhani tidak bisa berangkat, kita latihannya lebih keras karena kan mainnya tanpa dia,” akui Ari yang membeberkan biar Dhani nggak bisa bareng manggung namun ada lagu lagu dendangannya tetap dimainkan.

Sang gitarisnya, Andra Junaidi pun mengaku kalau berasa berat hati harus meneruskan konser tanpa sang pengasas band asal Surabaya itu.

“Dhani itu leader, berat main tanpa dia. Ya, sangat disayangkan juga karena pada reuni ini dia tidak ada. Ya, sangat bedalah ya,” katanya ringkas.



Once Mekel pula mengaku kalau Dewa 19 tetap bersemangat dan excited untuk menghiburkan Baladewa dan Baladewi di Malaysia karena ia adalah sebuah situasi yang langka buat mereka untuk bergabung.

“Kami sangat excited untuk bermain di Malaysia dan diharap akan ada suasana yang harmoni ya,” katanya.

Konser yang dibawa oleh Nizra Productions tersebut akan diselenggara di Stadium Malawati, Shah Alam, Selangor malam ini. Dewa 19 dijangka memainkan sekitar 30 buah lagu buat peminat di Malaysia yang telah 10 tahun tidak menyaksikan persembahan mereka.

Oleh: Maliah Surip
Video: Haidan


Instagram: Ari Lasso, De19wa, Once Mekel